Beranda ›› Foto & Video ›› Ratusan Personil Kodim 0209 LB Ikuti Penyuluhan Hukum

Ratusan Personil Kodim 0209 LB Ikuti Penyuluhan Hukum

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Ratusan personil TNI dari jajaran Kodim 0209 LB mengikuti kegiatan Penyuluhan Hukum yang digelar di aula Makodim setempat, Rabu (4/11) pagi, sekitar pukul 08.45 WIB.

Belasan personil Kompi C Senapan 126 Kala Cakti serta jajaran Danramil dan perwira staf Kodim setempat juga tampak mengikuti kegiatan penyuluhan yang diisi oleh pemateri Waka Kumdam I/BB, Letkol Chk Yaya Supriadi,SH.MM dan Pa Kumrem 022/PT, Mayor Chk Drs Jenhery Marpaung SH.

Dalam penjelasannya, Letkol Chk Yaya Supriadi,SH.MM menegaskan jika setiap Komandan Satuan bertanggungjawab dalam setiap penanganan hukum di satuannya. Hal itu, katanya, sesuai dengan pasal 25 UU No.34 tahun 2004.

Dia juga menjelaskan, pembinaan hukum hak dan kewajiban prajurit di bidang hukum adalah insan prajurit yang bermoral, dan tunduk kepada hukum dan peraturan perundang-undangan,serta berdisiplin dan taat kepada atasan.

Katanya dikalangan prajurit TNI saat ini, masih ada ditemukan pelanggaran, seperti penyalahgunaan narkoba.

“Ini harus ditindak tegas dan tidak ada toleransi karena narkoba ini musuh kita bersama,” ujarnya.

Selain itu, katanya, juga masih ada ditemukan prajurit disersi dipicu persoalan keluarga yang tidak bisa diselesaikan dengan bijak. Akhirnya, banyak prajurit meninggalkan dinas tanpa menyelesaikan masalah tersebut dengan atasannya.

“Maka saya tekankan baik-baik dalam menjalin rumah tangga, bina keluarga dengan baik,” sebutnya.

Dia juga menabahkan, seberat apa pun ancaman pidana atau hukuman yang telah ditetapkan kepada parajurit TNI, tidak akan menjadi masalah jika kita tidak melanggar hukum.

“Maka, stop pelanggaran, disiplin itu indah dan akan menimbulkan sejahtera,” imbuhnya.

Sementara Mayor Chk Drs Jenhery Marpaung SH dalam penjelasannya menyinggung persoalan netralitas TNI dalam Pilkada. Hal itu sesuai ST Panglima No.175 Thn 2012.

“TNI beserta jajarannya tetap netral dalam Pemilukada. Walaupun ikut dalam pengamanan Pilkada tersebut,” tandasnya.(Ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.