Beranda ›› Headline ›› Ratus Santri Ponpes Ahmadul Zariah Kotapinang Latihan Manasik Haji

Ratus Santri Ponpes Ahmadul Zariah Kotapinang Latihan Manasik Haji

KOTAPINANG, suarasumut.com – Ratusan santri-wati Pondok Pesantren (PONPES) Ahmadul Zariah Kotapinang Labusel, Kamis (02/10) sekitar pukul 09.00 wib, mengadakan pelatihan manasik haji dilapangan Marsipature Hutanabe (MHB) Kotapinang.

Dalam pelatihan tersebut, dipandu oleh H.Fai Nasution dan Direktur Ponpes Ahmadul Zariah Kotapinang Drs H Syaiful Mashuri Rambe, Korpri Labusel Zainal Arbaini beserta para guru pesantren lainnya.

Bahkan spanduk bertertulis “Dengan pembelajaran manasik haji mari kita tingkatkan ilmu dalam ibadah serta menanamkan ketakwaan dan pengorbanan kepada Allah SWT” menghiasi kegiatan tersebut.

Direktur Pompes Ahmadul Zariah Drs H Syaiful Mashuri Rambe dengan panggilan akrab H. Hattan mengatakan acara ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sekali.

Dalam hal ini, sebagai pelajaran exstrakukuler guna untuk membina karakter serta mental para santri sebagai generasi muda menuju massa depan. Sebab pendidikan harus selalu ditanamkan agar mental para santri tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang lainnya.

“Kita sebagai pimpinan ponpes yang memiliki ribuan santri sangat mendukung datangnya tahun baru Islam yang dikenal 1 Muharram sehingga kedaulatan para santri itu kokoh di NKRI ini,”ujarnya.

Ditempat serupa, H Fai Nasution juga menyampaikan, dilakukannya pelajaran ini agar para santri-wati dapat mengetahui bagaimana kegiatan para haji yang berada ditanah suci

“Mekkah-Red” tersebut, seperti misalkan, dalam melaksanakan wukuf dengan baik di padang Arafah, melempar jumrah ditugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga serta melakukan toap mengelilingi khabah.

Kemudian melakukan pemondokan hingga keluar serta dilanjutkan dengan berbagai bacaan doa ketika menginjakkan kaki yang pertama kalinya, pada saat memasuki Mesjidil Haram.

“Manasik Haji ini, tentu memberikan pelajaran bagi para santri, karena naik haji adalah rukun Islam yang kelima,”terangnya.(zr/ss/ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.