Beranda ›› Headline ›› Pukat Trol/Tarek “Mengganas” Diperairan Sei Berombang, Aparat Tutup Mata?

Pukat Trol/Tarek “Mengganas” Diperairan Sei Berombang, Aparat Tutup Mata?

Panai Hilir | suarasumut.com  –  Kendati melanggar Permen No 5 Tahun 2005 tentang alat tangkap ikan, Nelayan di seputaran sei berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten labuhanbatu tetap membandel menggunakan pukat trol yang tidak ramah lingkungan serta merugikan nelayan kecil.

Pasalnya, alat tangkap berupa pukat trol atau pukat tarek tersebut sangat dilarang beroperasi, sebab selain merugikan nelayan kecil dampaknya juga sangat merusak ekosistem laut, karena kesimbangan hayati laut menjadi rusak .

Namun begitu, pengusaha asal tionghoa ini tetap saja melakukan hal tersebut, ditambah lagi mandulnya pengawasan dari intansi penegak hukum yang ada.

Hasil penelusuran awak media di lapangan dalam beberapa pekan ini banyak ditemui penyimpangan yang dilakukan nelayan asal tionghoa yang ada di Sei berombang, terlebih lagi pengusaha /nelayan tersebut menggunakan minyak subsidi .

Samsul Bahri Sitepu ketua LSM Lembaga Independen Penyelamatan Aset Negara (LIPAN) saat dimintai tanggapannya terkait hal ini, sangat kecewa dengan intansi penegak hukum seperti Sat Pol Air, dan lainnya , yang menurut Samsul seharusnya mereka dapat lebih optimal dalam melakukan pengawasan di wilayah kerja mereka , namun sampai saat ini malah melakukan pembiaran terhadap penggunaan pukat tarek/ciwek yang dapat merusak lingkungan dan merugikan nelayan kecil.

“Sat Pol Air seharusnya dapat menertibkan penggunaan pukat trol ini, sebab jelas-jelas melanggar hukum, kita telah beberapa kali mendesak pihak Satpol air ini untuk melakukan penertiban, namun penjelasan yang kita terima selalu saja tidak sesuai dengan realisasi di lapangan, mungkin aparat yang diberikan amanah oleh UU tersebut sudah memperoleh “bulanan” dari para pengusaha ,sehingga mandul dalam melakukan penindakan terhadap para pengusaha yang melawan hukum tersebut, “ungkap Samsul.(ta/ss-lb)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.