Beranda ›› Headline ›› Polres Labuhanbatu Musnahkan Narkoba Senilai 1 Milyar, 8 Personil Dapat Reward

Polres Labuhanbatu Musnahkan Narkoba Senilai 1 Milyar, 8 Personil Dapat Reward

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Polres Labuhanbatu melakukan pemusnahan barang bukti narkoba sebanyak 551,52 gram sabu- sabu, Ganja seberat 13.197,3 gram, Pil ekstasy 1.282 butir dan pil happy five 190 butir. Keseluruhan barang bukti itu setara senilai hampir 1 Milyar. Pemusnahan itu Senin (16/11) di halaman Satreskoba Mapolres setempat.

Selain memusnahkan barang bukti dengan cara memblender dan membakar, pihak Polres juga memberikan reward kepada 8 personil polisi yang dinilai berhasil mempersempit ruang gerak narkoba di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

“Saya juga memberikan reward kepada 8 orang anggota saya, 4 orang dari Satlantas dan 4 lagi dari unit Res narkoba (Foto), bukan hanya itu, ada juga anggota yang saya tindak karena ditangkap sedang pesta narkoba, saat ini dalam pemeriksaan Propam,” demikian disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie SIK,MH siang itu.

Adapun pemberian reward itu, kata Teguh, dikarenakan kepekaan insting serta kemauan yang tinggi, sehingga petugas Satlantas mampu melakukan tugas diluar fungsinya.

“Kita patut merasa bangga, ini adalah keberhasilan mereka yang ketiga kali, dimana setelah mengamankan 14 bal ganja, kembali mengamankan sebanyak 77 bal ganja seberat 40Kg”beber Teguh.

Lebih jauh Kapolres menegaskan, bahwa dirinya sependapat dengan Panglima TNI bahwa saat ini sedang terjadi Proxy War. Dimana konsep perang modern sedang dilancarkan pihak luar guna menguasai Indonesia dengan memasukkan narkoba ke Nusantara ini.

“Saya sependapat dengan Panglima TNI, mengenai Proxy War, ini dinamakan perang, dimana narkoba ini menjadi senjata dan kita tidak mengetahui siapa yang menjadi bonekanya dan siapa dalangnya” kata Teguh.

Kapolres berharap di tahun 2016 mendatang, BNNK dapat dibentuk di Labuhanbatu, serta mengenai pemberantasan narkoba ini menjadi tanggungjawab bersama.

“Mari bersama kita perangi, dan ini adalah tanggungjawab kita bersama, dan saya harapkan tahun 2016 mendatang, BNNK Labuhanbatu dapat dibentuk dan dimasukkan ke dalam anggaran APBD,” harap Teguh.

Hal senada disampaikan Kepala BNNK Tanjung Balai AKBP S Bangko, dimana mengenai pemberantasan narkoba ini merupakan tanggungjawab bersama dan pihaknya hingga saat ini sedang melaksanakan program rehab 100.000 pengguna narkoba.

Sementara, Ketua MUI Labuhanbatu Drs. H. Usman Ahmad menyebutkan narkoba merupakan induk dari segala kejahatan yang merusak akal dan fikiran. Maka dari itu, kata dia, Kerja ini mari diselesaikan bersama- sama.

“MUI labuhanbatu dan ormas- ormas Islam siap mendukung program Polri dalam memberantas narkoba saat ini dan masa yang akan datang, ayo kita selesaikan bersama- sama,”ungkap Usman.

Sementara, Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu AKP Mara Jungjung Siregar SH,MH dalam pemaparannya menyampaikan bahwa sejumlah barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan penindakan terbesar di bulan Juli hingga November 2015 ini.

Pemusnahan itu meliputi barang bukti sebanyak 1.368 butir pil ekstasy dan 200 butir pil Happy Five serta sebanyak 127 Gram Sabu- sabu yang diamankan dari dua orang Bandar narkoba yakni M. Irpandi (20) warga Jalan Skip Kecamatan Rantau Utara, dengan Suwandi (25) warga yang sama, semula diamankan di Jalan Gatot Subroto Rantauprapat.

Kemudian, barang bukti dari penangkapan bandar sabu bernama Muhammad Nuh Nasution Alias Ingo (41) Warga Jalan Batu Sangkar Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan Selasa (28/7) di Sebuah Hotel Rantauprapat.

Dimana, dalam penangkapan itu polisi berhasil mengamankan barang bukti 2 bungkus plastik sabu, 1 alat hisap sabu, buku catatan,dan 1 buah Handphone, dan berat sabu yang ditemukan seberat 400 Gram yang bernilai sekitar Rp 0.5 milyar yang berada didalam tas bermotif loreng milik TNI.

Selanjutnya, sebanyak 14 kilo gram ganja kering asal Aceh yang dari tangan Ikwan (21) dan Afwadi(30) warga Dusun Keulaya kecamatan Gandapura Kabupaten Bireun (NAD)didapati dari dalam bomper belakang dan dasboard Mobil Agya warna Putih bernopol B 1683 URV.

Masih terang Jungjung, setengah ons sabu- sabu yang ikut juga dimusnahkan adalah penangkapan tersangka Lili (35) yang merupakan isteri bandar sabu Hendri Simangunsong (45) mantan oknum Polisi dari Polres Humbahas yang sempat melarikan diri saat penggrebekan kala itu.

“Itu keseluruhannya, dan dicampur dengan barang bukti kasus- kasus kecil, semuanya akan kita musnahkan, kalau ditaksir senilai satu milyar lebihlah, pun demikian kita tidak berhenti sampai disini, kalau masih ada peredaran narkoba akan kita sikat,”tegas mantan Kasatreskoba Polres Tanjung Balai itu.

Tampak hadir dalam pemusnahan barang bukti narkoba tersebut, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Baginda Siregar, Danki Senapan C, Wakil Ketua PN Rantauprapat, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, Kalapas Lobusona, Kasi Intel Kejari Rantauprapat dan AKBP Juli Erna Lapfor Medan serta perwakilan pemkab Labuhanbatu raya.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.