Beranda ›› Headline ›› Polres Labuhanbatu Amankan Jukir Liar

Polres Labuhanbatu Amankan Jukir Liar

Rantauprapat, suarasumut.com – Pihak Polres Labuhanbatu menggelar operasi penertiban juru parkir (Jukir) liar yang beroperasi diseputaran kota Rantauprapat, Sabtu (27/6/2015) siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam razia itu, sebanyak 26 orang Jukir liar yang terjaring tampak digelandang paksa ke Mapolres Labuhanbatu.

Kanit Jatanras Polres Labuhanbatu Ipda TR Sitompul mengatakan, operasi penertiban jukir liar ini dilakukan masih dalam rangka menciptakan situasi kondusif pada bulan suci Ramadhan. Hal itu, demi menjaga kekhusyukan, kenyamanan dan kehikmatan umat islam yang menjalankan puasa.

Masih kata Kanit, operasi penertiban jukir liar ini juga dilakukan sebagai antisipasi terjadinya tindak pidana pencurian sepeda motor yang biasanya cukup marak pada bulan suci ramadhan dan memasuki hari raya Idul Fitri.

Dia mengatakan, selain menargetkan para jukir liar, dalam operasi ini, pihaknya juga menargetkan pelaku premanisme.

“Namun kali ini, semua yang terjaring hanya juru parkir. Untuk pelaku premanisme belum kita dapat,” ungkapnya.

Katanya, ada sebanyak 26 orang Jukir yang terjaring dalam razia tersebut. Namun 2 diantaranya dibebaskan petugas lantaran memiliki legalitas jelas. “Jadi totalnya ada 24 orang yang tidak dapat menunjukkan legalitasnya sebagai juru parkir hingga kita anggap liar,” jelasnya.

Mereka yang terjaring itupun, kata Sitompul, akan mendapatkan pembinaan agar dapat bekerja secara legal dengen mengenakan atribut lengkap sebagi juru parkir.

“Kita akan berikan pengarahan kepada mereka bagaimana juru parkir yang sesungguhnya. Seperti memakai bet nama lengkap, memakai rompi dan sebagainya,” jelasnya.

Setelah mendapatkan pembinaan itu, kata Sitompul, seluruh jukir yang terjaring itu akan dibiarkan kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

“Karena semuanya masih kategori melakukan tindak pungli, belum ada yang masuk kategori pemerasan. Maka kita anggap masih pantas diberikan sanksi pembinaan saja,” ucapnya sembari mengatakan razia penertiban jukir liar ini akan kembaki dilakukan dalam waktu yang belum ditentukan.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.