Beranda ›› Foto & Video ›› Poktani, Koramil 03/ Pandan dan Distannak Tapteng Adakan Goro Perbaiki Saluran Air

Poktani, Koramil 03/ Pandan dan Distannak Tapteng Adakan Goro Perbaiki Saluran Air

Tukka, suarasumut.com  – Beberapa Kelompok Tani (Poktani),Subur Maju, Suka Maju, Makmur Bersama dan Harapan Maju, bersama Koramil 03/Pandan dan Dinas Pertanian dan Peternakan Tapanuli Tengah (Distanak Tapteng) turun kesawah adakan Gotong Royong memperpaiki saluran irigasi yang ada di kecamatan Tukka Kelurahan Bona Lumban, Kamis (25/6).

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kelurahan Bona Lumban kecamatan Tukka Muharni (52) mengatakan, gotong royong yang dilakukan bersama TNI hanya untuk mengantisipasi saluran air disepanjang sawah Kelurahan Bona Lumban.

“Agar tidak terjadi rawan pangan, disini kami perlu melakukan persiapan untuk mengantisipasi kekeringan persawahan kami. Maka itu, kami langsung menghubungi Danramil 03/Pandan dan Distanak Tapteng, untuk gotong royong membersihkan saluran air, begitu kami hubungi, secepatnya mereka langsung meresponya turun kelapangan,”ujar Muharni.

Masih dikatakan Muharni, aliran air bagi petani disepanjang persawahan Bona Lumban begitu lancar, sehingga para petaninya dapat mencukupi persawahannya. “Disini semua para petani kebutuhan air untuk persawahan selalu aman dan mencukupi,” tutur Maharni terhadap suarasumut.com didampingi beberapa Poktani.

Komandan Koramil 03/Pandan Kapten J Simanjuntak didampingi Babinsa kecamatan Tukka Serda S Panggabean menjelaskan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo, TNI AD harus mengikuti dan mendampingi poktani dimasing-masing wilayah.

“Sesuai dengan perintah dari Kodim,korem,dan Kodam, kita dari Koramil 03/Pandan selalu siap mendampingi para petani yang ada di wilayah saya yang termasuk kecamatan Tukka,Pandan,dan Sarudik,” tegas Danramil Pandan.

Jadi, kata Danramil, disini yang bekerja bukan hanya dinas pertanian,TNI AD sudah ikut terlibat dalam ketahanan pangan,” kita beserta puluhan personel TNI AD serta bersama petani kecamatan Tukka langsung turun kelapangan untuk melancarkan saluran air disepanjang irigasi 2 km ini,” ungkap J Sidabutar.

Kadistanak Tapteng Dompak Simanjuntak SP MM menuturkan, sumber air yang ada di kecamatan Tukka selama ini memang terkendala, maka dari itu, pihak pertanian yang terlibat langsung turun memantau kelapangan. “Inikan, sumber airnya berasal dari Daerah Aliran Sungai Aek Saili , hanya sumber Air Saili yang mampu megairi sawah ini yang luasnya kurang lebih 700 ha dikecamatan Tukka, makanya kami disini dengan secara langsung turun kelapangan untuk mengontrol saluran air yang sebelumya tidak lancar,” pungkas Dompak.(ph/ss/tt)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.