Beranda ›› Foto & Video ›› Pohon Tumbang Sebabkan Antrian Panjang Kendaraan Di Kota Gunungsitoli

Pohon Tumbang Sebabkan Antrian Panjang Kendaraan Di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli | suarasumut.com — Pohon tumbang dan tanah longsor di Desa Fodo (komplek Laowomaru), Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli sebabkan antrian panjang kendaraan bermotor, Senin (2/11). Dinas Pekerjaan Umum Kota Gunungsitoli dan propinsi Sumatera Utara berusaha mengevakuasi pohon dan batu yang menutupi jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Gunungsitoli Ir.Temambuala yang ditemui wartawan di lokasi pohon tumbang mengatakan, saat ini Dinas PU Kota Gunungsitoli dan Propinsi Sumatera Utara sedang berusaha untuk mengevakuasi pohon dan batu yang menutupi akses jalan dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Selatan.

Menurut dia, pohon dan batu yang menutupi jalan berasal dari bukit yang berada tepat dipinggir jalan atau komplek Laowomaru. Pohon dan batu tersebut longsor dan menutupi jalan akibat angin kencang yang disertai hujan kemarin, Minggu (1/11).

“Kejadian ini baru saya ketahui pukul 05.00 wib, dan langsung terjun bersama anggota. Kita bersama PU Propinsi sudah memotong pohon yang menutupi jalan menjadi bagian bagian kecil, dan tinggal mengangkutnya dengan alat berat. Namun, karena antrian kendaraan yang sangat panjang, alat berat sulit masuk untuk mengangkut pohon dan membersihkan jalan,” terang Temambuala.

Tahun 2016, Jalan Alternatif Bisa Dilalui

Disinggung terkait akses jalan lainnya, selain jalan yang ditutupi pohon, Temambuala mengakui, tidak ada jalan alternatif yang bisa dilalui kendaraan selain jalan yang saat ini ditutupi pohon tumbang.
Namun, Pemerintah kota Gunungsitoli sudah membuka akses jalan dari Desa Faekhu, Lolomboli dan tembus di samping kantor DPRD Kabupaten Nias. Jalan tersebut menurut Kadis PU Kota Gunujngsitoli, sudah bisa dilalui tahun 2016.

Sesuai pantauan wartawan, Jalan komplek Laowomaru, Desa Fodo, Kota Gunungsitoli yang terganggu akibat pohon tumbang dan tanah longsor, terlihat antrian kendaraan yang sangat panjang dan diperkirakan mencapai 2 kilo meter.

Sejumlah personil Kepolisian dari Polres Nias dibantu personil TNI dari Kodim 0213/Nias terlihat ikut membantu mengevakuasi pohon dan batu yang menutupi jalan. Personil Sat Lantas Polres Nias juga terlihat melakukan sistim buka tutup jalan, supaya antrian kendaraan bisa diurai.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.