Beranda ›› Headline ›› PNS Tidak Netral, Direkomendasi Pemecatan

PNS Tidak Netral, Direkomendasi Pemecatan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Penanggungjawab Bupati Labuhanbatu, Amran Uteh meyakini aparatur sipil negara tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. Menurutnya, ada rambu-rambu yang harus ditaati khususnya pegawai negeri sipil (PNS) dijajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“PNS harus netral, karena ada rambu-rambu yang harus ditaati, apabila terbukti tidak netral akan diberikan sanksi tegas,”ujar Amran Uteh, Senin (2/11) sore, kepada wartawan diruang kerjanya.

Uteh menjelaskan, ada tahapan-tahapan rekomendasi pemberhentian yang harus dibuktikan apabila aparatur negara berpihak kepada pasangan calon tertentu diantaranya, terlibat kampanye, memfasilitasi pasangan calon, membuat keputusan kepada salahsatu calon dan menghimbau atau menyerukan untuk pasangan calon.

“Mengenai masalah pilkada, ada dua tidakan keras yang diterapkan yaitu penurunan jabatan dan pemberhentian, tetapi harus dibuktikan,” tegas mantan Kadis pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini.

Dia mengakui, keberpihakan PNS kepada pasangan calon tertentu sulit dihindarkan, hal ini berdasarkan adanya laporan yang diterima dari masyarakat, namun demikian, laporan tersebut telah ditindak lanjuti dengan memanggil PNS tersebut dengan memberikan pengarahan agar bersikap netral.

Selain itu, disetiap kesempatan agar menjaga dan mengawasi pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang untuk kekondusifan Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Labuhanbatu hingga saat ini belum menerima adanya laporan resmi dari masyarakat. Walaupun ada, hanya sebatas informasi dari Kecamatan Panai Hilir yang harus diselidiki kebenarannya.

“Hingga saat ini belum ada laporan resmi dari masyarakat tentang PNS, hanya ada 27 laporan pengerusakan alat peraga kampanye (APK),” ujar Uzier Siregar, Komisioner Panwaslu Kabupaten Labuhanbatu.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.