Beranda ›› Foto & Video ›› Pj Walikota Resmikan Gempita Kota Tebingtinggi

Pj Walikota Resmikan Gempita Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Pj.Walikota Tebingtinggi H.Zulkarnain resmikan Gerakan Masyarakat Pecinta Agri Bisnis (Gempita) yang digagas Dinas Pertanian di Lapangan Merdeka Jl.Sutomo, Selasa (8/11).

Kegiatan dihadiri unsur FKPD dan General Manager Pelindo I Kuala Tanjung Agus Deritanto.

Dalam acara ini Pj.Walikota Tebingtinggi melantik kepengurusan sentra usaha agribisnis sehati (super sehat) terpadu, penandatanganan Nota Kesepahaman antara Walikota Tebingtinggi dengan Pimpinan PT.Sang Hyang Seri Provinsi Sumatera Utara

Dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur RSUD Dr.H.Kumpulan Pane Kota Tebingtinggi dr.H.Nanag Fitra Aulia Sp.PK dengan Ketua Kelompok Kerja Tanaman Hortikultura Super Sehat Kecamatan Bajenis.

H.Zulkarnain menyampaikan bahwa tema yang diusung pada kegiatan hari ini adalah”Mewujudkan Sentra Agribisnis dan Pemasaran Hasil Pertanian Terpadu melalui Pemanfaatan Teknologi dan Informasi”.

Tema ini selaras dengan arahan dari Presiden RI Jokowi, dimana pemanfaatan teknologi dan informasi melalui penggunaan sistem E-Goverment dan terbuka. Mewujudkan Pemerintah yang terbuka, bukan hanya membutuhkan perubahan mentalitas atau perubahan pola pikir minset namun juga memerlukan reformasi sistem dan pola kerja terutama dengan menerapkan sistem Pemerintahan elektronik atau E-Goverment.

“Dengan Teknologi dan Informasi yang Aktual maka berbagai elemen masyarakat dapat mengakses kebijakan-kebijakan yang ada, agar dapat diketahui oleh masyarakat melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang ada. Begitu juga untuk pemasaran hasil pertanian bisa melalui pemanfaatan teknologi berbasi WEB. Yang dikelola oleh Dinas Pertanian,”tutur Pj Walikota.

H.Zulkarnain berharap kepada para kelompok tani agar tetap meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya, dengan mematuhi pola jadwal pertanaman yang telah di tetapkan karena dengan keterbatasan lahan pertanian padi sawah yang ada dan kerjasamanya dalam mensukseskan program pangan bekelanjutan.

Disampaikannya, masyarakat Tebingtinggi harus siap untuk bersaing akibat dari dampak Multi Player Effek dari Proyek Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei, yang dalam waktu dekat akan mulai beroperasi.

“Untuk itu kita tidak harus siap dengan hasil produknya saja, tetapi juga SDM nya, karena nanti akan menuju pelayanan dengan sistem Informasi managemen administrasi terpadu, dan peluang ini harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku ekonomi kita dibidang produk apa saja,”ujarnya.

Sebelumnya General Manager Pelindo I Kualatanjung Agus Deritanto, Kuala Tanjung merupakan kawasan strategi nasional, untuk percepatan pembangunan nasional khususnya menumbuhkan perekonomian untuk wilayah barat.

Kota Tebingtinggi sudah masuk dalam Multi Player Effek Pelabuhan Kuala Tanjung karena merupakan kota terdekat dari Kuala Tanjung dan dijadikan sebagai kota penyangga pertumbuhan ekonomi wilayah Sumatera Utara,”terang General Manager Pelindo I Kualatanjung.

Dikatakanya, bila sudah beroperasinya Kualatanjung pasti berdampak terhadap perekonomian Tebingtinggi, terutama para pelaku ekonomi untuk mengakomodir apa saja keperluannya.

“Saat ini saja ada sekitar 20 s/d 30 kapal yang masuk Pelabuhan Kualatanjung, dan informasi yang saya terima dari mereka setiap kapalnya berbelanja di Tebingtinggi dari 5000 Dollar sampai 10.000 Dollar setiap kali singgah memenuhi kebutuhan kapalnya, itu kapalnya belum lagi awak kapalnya. Dan saya bangga sebagai putra Tebingtinggi,  informasinya ternyata masyarakat Tebingtinggi ternyata sangat wellcome terhadap mereka yang berbelanja di Tebingtinggi,”terangnya menambahkan.

Dalam acara ini Pemerintah Kota Tebingtinggi berikan bantuan 5 unit hand sprayer kepada 5 orang kelompok tani yang bersumber dari dana APBN Tahun 2016.

Kepada UKM diberikan peralatan bengkel berupa : 5 unit kompresor dan 5 unit bor tangan dan bantuan mesin Konveksi untuk kelompok KUD WIRA sebanyak 10 unit mesin jahit serta mesin obras dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

Pj.Walikota Tebingtinggi mengakhiri kegiatannya dengan meninjau Stand Pameran sekaligus pengguntingan pita pada Stand Dinas Pertanian dan Launching Aplikasi Web Dinas Pertanian. (ag/ss-tt)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.