Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Peringati Koperasi 70, Wabup : Syarat Bantuan Dari Pemerintah Pusat, Harus Memiliki Koperasi Yang Aktif

Peringati Koperasi 70, Wabup : Syarat Bantuan Dari Pemerintah Pusat, Harus Memiliki Koperasi Yang Aktif

Tapteng | suarasumut.com  –  Peringati hari kopersai ke-70 tahun 2017 sekaligus HUT ke 72 kemerdekaan RI, pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) beri penghargaan bagi ke enam (6) koperasi berprestasi di lantai II ball room Pia Hotel Kecamatan Pandan, Jumat (18/08/2017) .

Pemberian penghargaan itu secara langsung disampaikan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul SE yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tapteng Rais Kari AP MM.

Kepala Dinas, Rais Kari dalam laporannya, ke enam (6) koperasi yang menerima prestasi itu, termasuk diantaranya Koperasi CU Dosnitahi dari Kecamatan Pinangsori, Koperasi Maduma dari Kecamatan Manduamas, Koperasi Simpan Pinjam Marganda dari Kecamatan Tapian Nauli, Koperasi Pegawai Negeri Kesehatan, Koperasi Simpan Pinjam Teluk Hajoran dari Kecamatan Pandan, dan Maju Bersama dari Kecamatan Sirandorung.

Rais mengatakan, dengan diterima penghargaan itu akan jadi motivasi terhadap koperasi yang sehat, didaerah Tapteng. Secara khusus sambung Rais, pihak dari Dinas Koperasi dan UKM hingga saat ini sedang mendampingi 59 koperasi yang aktif di Kabupaten Tapteng.

“Pengembangan Koperasi dan UKM di Tapteng bisa jadi tulang punggung masyarakat Tapteng dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Salah satunya dikatakan Kepala Dinas, termasuk itu yang ada di Kecamatan Manduamas Kelurahan Bajamas kurang lebih 100 rumah tangga berkecimpung pada industri rumah tangga baik dalam pembuatan nira ke gula yang tembus pasaran ke luar daerah Tapteng.

“Usaha koperasi yang dilakukan itu sudah menembus keluar daerah Tapteng. Maka dari itu kami bantu berupa kuali pada home industri,” ungkapnya.

Ia berharap bagi koperasi di Tapteng agar tetap dikembangkan untuk membangun perekonomian rakyat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul mengungkapkan upaya kwalitas dan kwantitas untuk peroleh bantuan dari pemerintah pusat harus melalui koperasi.

“Bupati menyampaikan harus melalui koperasi baru dapat bantuan dari pemerintah pusat,” kata Darwin.

Ia meminta terhadap 2 ratusan koperasi yang ada di Kabupaten Tapteng agar segera diaktifkan dan dibentuk bukan untuk sementara.

“Sangat disayangkan jika koperasi ini tidak aktif, tentu kita tidak akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat,” ungkap Wakil Bupati.

“Pasar-pasar yang ada di kecamatan harus dikelolah koperasi. Ini sudah mulai 4 kecamatan dibentuk koperasi pasar, mulai tahun ini harus dikelola koperasi,” terang Darwin.

Dilain tempat, saat disambangi salah satu pihak kecamatan Tapteng Camat Sirandorung, Tulus Panggabean mengatakan diwilayahnya sedang berkembang koperasi home industri yang saat ini siap selalu didampingi untuk dikembangkan.

“Untuk saat ini di Kecamatan Sirandorung sedang dikelola berupa Nira untuk gula pasir. Dan koperasi simpan pinjam, kami berharap ini dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat kita,” kata Tulus Panggabean kepada wartawan,”sebutnya.(ph/ss-tt)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.