Beranda ›› Foto & Video ›› Peringati Hari Nusantara 2014, Pemkab Sergai Gelar Gemar dan Lomba Masak Serba Ikan

Peringati Hari Nusantara 2014, Pemkab Sergai Gelar Gemar dan Lomba Masak Serba Ikan

Sergai, suarasumut.com – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mempunyai potensi yang cukup besar baik dalam perikanan tangkap maupun perikanan budidaya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi melebihi protein serelia dari kacang-kacangan dan setara dengan protein berbagai jenis daging. Konsumsi protein sangat penting bagi kesehatan khususnya untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan cemerlang.

Masyarakat di Sergai telah mencapai angka konsumsi ikan sebesar 33 kg/kapita/tahun dan angka ini sudah berada diatas konsumsi ikan nasional 31,64 kg/kapita/tahun, tetapi masih berada dibawah Negara Malaysia yang sudah mencapai 45 kg/kapita/tahun dan Jepang 80 kg/kapita/tahun.

Potensi bahari yang dimiliki daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat ini sangat menjanjikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan yang dari tahun ke tahun semakin meningkat, khususnya melalui program minapolitan yang telah berhasil meningkatkan produksi perikanan budidaya menjadi 12.144 ton/tahun disamping hasil perikanan tangkap sebanyak 22.692 ton/tahun.

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya saat membuka acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten yang dirangkai dengan peringatan Hari Nusantara Tahun 2014 bertempat di halaman Dinas Perikanan dan Kelautan Sergai, Kompleks Bumi Sergai Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Jumat (19/12).

Turut hadir Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kadis Kanla Ir. H. Ramlan Matondang, MSc, Kepala SKPD dan Camat serta Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman bahwa kemampuan mengolah makanan dari bahan baku ikan dengan tetap memperhatikan nilai gizi yang terkandung di dalamnya akan sangat berperan dalam meningkatkan perolehan gizi bagi anggota keluarga. Selain itu dibutuhkan kemampuan dan kreativitas dalam mengolah berbagai variasi jenis ikan dengan penyajian yang baik, tegas Bupati.

Melalui kegiatan Gemar Ikan ini diharapkan terus meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi berbagai jenis ikan serta Perlombaan Masak Serba Ikan dapat memacu semangat para anggota PKK Kecamatan serta ibu-ibu lainnya di Sergai untuk berkreasi meningkatkan pengetahuan pengolahan ikan yang baik, benar dan menarik, pungkas H. Soekirman.

Sebelumnya Kadiskanla Drs. Ramlan Matondang, MSC melaporkan bahwa kegiatan Lomba Masak Serba ikan diikuti Ibu-Ibu PKK dari 17 Kecamatan se-Sergai. Sementara kegiatan Gemar Ikan diisi dengan bazar makanan olahan dengan bahan baku ikan dan festival makan ikan bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman dan Kadis Kanla Ir. H. Ramlan Matondang, MSC menyerahkan bantuan dua unit sepeda motor kepada pedagang ikan.

Diakhir acara diumumkan Juara Perlombaan Masak Makanan Serba Ikan yang dimenangkan oleh PKK Kecamatan Perbaungan sebagai Juara I, PKK Kecamatan Bintang Bayu sebagai Juara II dan sebagai Juara III adalah PKK dari Kecamatan Tebing Tinggi.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.