Beranda ›› Headline ›› Perda APBD Tak Terbentuk, Keuangan Bupati Dan DPRD Tak Dibayar

Perda APBD Tak Terbentuk, Keuangan Bupati Dan DPRD Tak Dibayar

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Hak-hak keuangan Bupati Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Siregar bersama 45 anggota DPRD terancam tak dibayarkan selama 6 bulan. Pasalnya, hingga akhir tahun anggaran (T.A) 2014, lembaga eksekutif dan legislative itu tak kunjung membentuk persetujuan bersama atas rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD T.A 2015.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com hingga, Selasa (30/12), hingga saat ini Bupati Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Siregar tak kunjung mengajukan dokumen kebijakan umum anggaran (KUA) dan plafon perhitungan anggaran sementara (PPAS) T.A 2015 kepada DPRD. Hal tersebut tak luput dari sikap bersikukuhnya Bupati dan DPRD untuk membentuk PAPBD T.A 2014 yang jauh melampaui batas waktu yang ditetapkan peraturan perundang-undangan.

Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Mahadi saat dikonfirmasi di halaman balai pertemuan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyebutkan, hingga saat ini Sekretariat DPRD belum ada menerima dokumen KUA PPAS T.A 2015 untuk dibahas bersama DPRD. “Hingga saat ini belum ada dokumen KUA PPAS masuk ke Sekretariat DPRD. Mungkin di minggu awal tahun 2015 beru diajukan untuk dibahas bersama DPRD,” kata Mahadi singkat.

Tentunya keterlambatan pembentukan APBD T.A 2015 ini dapat berdampak terhadap pengenaan sanksi administrasi terhadap Bupati dan DPRD sebagaimana dimaksud Pasal 312 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dimana, sanksi kepada kepala daerah dan DPRD berupa tidak dibayarnya hak-hak keuangan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan selama 6 bulan.

Sanksi administrasi tersebut juga ditegaskan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo melalui surat Nomor 903/6865/SJ tanggal 24 November 2014, hal percepatan penyelesaian Ranperda tentang APBD T.A 2015. Dimana, pada poin (5) sanksi tidak dibayarkannya hak-hak keuangan kepala daerah dan DPRD yang tidak menyetujuia bersama Ranperda APBD sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.