Beranda ›› Headline ›› Perbaiki Kualitas Keluarga, Pemkab Nias Peringati Harga Dan Han

Perbaiki Kualitas Keluarga, Pemkab Nias Peringati Harga Dan Han

Nias, suarasumut.com — Dalam membuktikan kepedulian Pemerintah Kabupaten Nias dalam menumbuhkan kesadaran setiap keluarga, supaya selalu memperbaiki kualitas keluarga dan kepedulian terhadap anak, Pemkab Nias melakukan berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan Pemkab Nias adalah pengobatan gratis, pelayanan KB, Pemberian makanan tambahan Ibu Hamil, Pemberian Makanan Tambahan bagi anak-anak, Pembagian Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat), pembagian alat-alat olahraga, buku-buku bagi anak-anak, dan juga mengadakan berbagai kegiatan penyuluhan tentang Narkoba dan perlombaan.

Hal tersbeut diungkapkan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM pada acara peringatan Hari Keluarga (HARGA) KE- XXII dan Hari Anak Nasional (HAN) di Balai Pertemuan, kantor camat Hiliduho, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias beberapa waktu yang lalu.

Pada acara yang dihadiri Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Sekda Kabupaten Nias Drs. F.Yanus larosa, M.AP, Bupati Nias memberitahu, peringatan Harga tahun 2015 berthema “ Hari Keluarga Nasional merupakan Momentum upaya membangun Bangsa mewujudkan Indonesia Sejahtera”, dan thema peringatan HAN 2015 adalah “ Mewujudkan Lingkungan Ramah Anak”.

Menurut Bupati Nias, keluarga adalah suatu lembaga yang terkecil dalam masyarakat yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara anggota keluarga dan antara anggota keluarga dengan masyarakat dan lingkungannya.

Untuk itu, setiap keluarga harus mampu menghayati, memiliki dan berperan melaksanakan delapan fungsi keluarga yaitu ; Fungsi Agama, Sosial Budaya, Cinta kasih, perlindungan, reproduksi, social pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Fungsi keluarga tersebut bila dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akan membentuk karakter keluarga yang menciptakan karakter manusia.

Sedangkan pada peringatan HAN 2015, dia menambahkan, anak adalah bagian dari keluarga, maka sangatlah tepat bila peringatan Harga disatukan dengan peringatan HAN tahun 2015.

HAN merupakan momentum untuk menggugah, merefleksi, berkenaan dengan pemenuhan hak-hak anak, sebagaimana dicantumkan dalam undang-undang konveksi hak anak dan peraturan lainnya.

Kehadiraan anak di tengah-tengah keluarga merupakan dambaan setiap keluarga, untuk itu melalui peringatan HAN, setiap keluarga diajak memberikan perhatian pada 1000 hari pertama kehidupan anaknya. Yaitu mulai sejak janin, bayi, anak hingga berusia remaja.

Keluarga juga harus memberikan kebutuhan kesehatan, kasih sayang, cinta dan pendidikan yang sebaik-baiknya kepada anak, karena keluarga adalah wahana utama dan pertama bagi anak untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berkarakter baik.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.