Beranda ›› Headline ›› PENGUNJUNG PRSU ANTUSIAS SAKSIKAN MALAM PESONA BUDAYA SERGAI

PENGUNJUNG PRSU ANTUSIAS SAKSIKAN MALAM PESONA BUDAYA SERGAI

Sei Rampah, suarasumut.com – Ribuan pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara ( PRSU ) antusias melihat pertunjukan Malam Pesona Budaya dan Kesenian Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai ). Berbagai pertunjukan seni digelar di open stage PRSU Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa malam (25/3).Pertunjukan akbar ini turut dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Sri S. Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para kepala SKPD, Camat, Kades dan Lurah se-Sergai, Ketua Yayasan PRSU Drs H. Taufiq M. Lubis serta ratusan pelajar dari berbagai daerah di Sergai.

Adapun pertunjukan pesona budaya terdiri dari tari tradisional dari berbagai etnis di Sergai dipertontonkan lewat gerakan lentik dan enerjik para penari dari Sanggar Tari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga ( Parbudpora ) Sergai. Beberapa tarian yang dibawakan antara lain tari Persembahan, tari Melayu Serampang Dua Belas, tari Tolu Sohundulan dan tidak ketinggalan juga pertunjukan tarian etnis Jawa berjudul Gelang Room dibawakan oleh Teruna-Belia Sergai,. Selain itu para pelajar Sergai turut menampilkan beberapa tari daerah seperti tari Kacang Koro dari etnis Simalungun, tari Zapin Ciracap dan tari Bali dibawakan dengan lincahnya oleh siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Pantai Cermin dan Tari Manja Wulandari dari pelajar SMAN 1 Sei Rampah.

Turut memeriahkan pagelaran seni budaya malam itu atraksi sulap dan akrobat dari kelompok Pak Bero yang menampilkan beberapa pertunjukan sulap serta adegan berjalan maupun mengendarai sepeda di atas seutas tali, pencak silat serta pembacaan puisi berjudul Trembesi karya Bupati Ir. H. Soekirman yang dibacakan pelajar SMAN 1 Sei Rampah dan puisi oleh BITRA Indonesia.

Disela-sela acara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berkesempatan memberikan sambutan mengemukakan bahwa melalui Malam Pesona Budaya dan Kesenian dapat mengenalkan kepada masyarakat Sumatera Utara ( Sumut ) potensi yang ada di Kabupaten Sergai khususnya budaya dan kesenian. Dimana masyarakat Sergai yang sangat heterogen namun hubungan antara satu etnis dan lainnya dapat terbina dengan baik serta penuh semangat persatuan dalam kebersamaan. Dengan semangat inilah dapat dijadikan aset andalan dalam membangun daerah ini, ujar Bupati.

Bupati Soekirman mengajak masyarakat khususnya bagi generasi muda agar lebih menanamkan serta melestarikan budaya daerah sebagai aset yang perlu dipertahankan untuk mencegah terjadinya krisis budaya dan menangkis pengaruh negatif dari globalisasi. Jangan sampai budaya asli daerah yang sangat berharga ini diakui oleh negara lain karena tidak dilestarikan oleh masyarakat kita, tegas Bupati.( pu/ss/ak )

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.