Beranda ›› Foto & Video ›› Pengangkatan Dan Pemberhentian Pejabat Disdukcapil Wewenang Mendagri

Pengangkatan Dan Pemberhentian Pejabat Disdukcapil Wewenang Mendagri

Gunungsitoli | suarasumut.com — Sesuai undang Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan perubahannya Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013, kini pejabat Disdukcapil baik tingkat Propinsi maupun Kabupaten/Kota, diangkat dan diberhentikan oleh Mendagri.

Sehingga, setiap Gubernur dan Kepala Daerah yang ingin mengganti/mengangkat pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerahnya, wajib terlebih dahulu meminta persetujuan Menteri Dalam Negeri.

Ketika hal tersebut dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Disdukcapil Kota Gunungsitoli Ya’aro Harefa di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli, Selasa (23/3), dia membenarkan, dan memberitahu jika kini SK mereka yang menerbitkan oleh Mendagri langsung.

Namun, gaji dan tunjangan masih disesuaikan oleh daerah, dan menurut dia, kebijakan tersbeut tidak mempunyai pengaruh banyak kepada mereka. Sebab, kepala daerah masih memiliki andil dalam penempatan mereka, dimana untuk mengangkat dan memberhentikan mereka, kepala daerah bisa mengusulkan kepada Mendagri.

Menurut Ya’aro, pejabat Disdukcapil yang Sknya langsung ditandatangani Mendagri adalah pejabat eselon II, III dan IV. SK tersebut telah terbit sejak 29 Januari 2016 yang lalu, dan baru mereka terima beberapa minggu yang lalu.(sw/ss-gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.