Beranda ›› Foto & Video ›› Pengadaan IPAL Puskesmas Teluk Sentosa Sarat Penyimpangan
Exif_JPEG_420

Pengadaan IPAL Puskesmas Teluk Sentosa Sarat Penyimpangan

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Pengadaan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) medis di Puskesmas Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Tahun Anggaran (TA) 2014 tidak sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang ditetapkan Menteri Kesehatan sehingga sarat dengan penyimpangan. Pasalnya, dalam pengadaan IPAL di Puskesmas tersebut tidak diketahui dengan jelas type serta merk. Padahal, dalam pengadaan IPAL sesuai dengan Juknis harus tertera dan tercantum type juga merk.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.84 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2015 menegaskan bahwa Teknologi IPAL yang dipilih harus sudah terbukti efluen (keluaran) air limbah hasil pengolahannya telah memenuhi Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 58 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Rumah Sakit atau Peraturan Daerah Setempat.

Informasi yang dirangkum serta hasil croschek di Puskesmas Teluk Sentosa menemukan satu set IPAL.TA 2014 Dinas Kesehatan Labuhanbatu melakukan kegiatan pengadaan berbagai kegiatan pengadaan,salah satunya pengadaan IPAL bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).Diketahui bahwa TA 2014 Dinkes Labuhanbatu menerima kucuran anggaran DAK senilai Rp.3,1 M.

Kepala Puskesmas Teluk Sentosa dr.Riswani saat ditemui kemarin mengakui belum mengetahui secara jelas tehnik pengoperasian IPAL tersebut. Ia juga tidak mengakui jenis type dan merk yang yang tercantum dalam spesifikasi kontrak kerja. ”Saya tidak mengetahuinya,”ungkapnya.

Untuk kegiatan pengadaan IPAL di Puskesmas Teluk Sentosa serta kegiatan pengadaan incenerator di dua Puskesmas yakni Rantau Utara dan Negeri Lama,Dinkes Labuhanbatu menganggarkan dana senilai Rp.1.034.000.000.

Sekretaris Dinkes Labuhanbatu Roky Markiano ketika ditemui kemarin diruang kerjanya guna meminta penjelasan mengakui pengadaan IPAL di Puskesmas Teluk Sentosa serta Incenerator di dua Puskesmas dibiayai DAK. Ia juga tidak menampik bahwa Dinkes Labuhanbatu menerima kucuran DAK senilai Rp.3,1M.Namun, ia enggan memberikan penjelasan tentang type serta merk IPAl yang dimaksud dengan alasan lupa tidak ingat type dan merk nya. ”Lupa tidak ingat. Yang pastinya dari pabrikan PT.CSM,”pungkasnya.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.