Beranda ›› Headline ›› Penegak Hukum Diminta Usut Anggaran Reboisasi Dishutbun Labusel Rp1,126 Miliar

Penegak Hukum Diminta Usut Anggaran Reboisasi Dishutbun Labusel Rp1,126 Miliar

KOTAPINANG, suarasumut.com – Penegak hukum diminta segera usut penggunaan dana peningkatan fungsi daerah aliran sungai tanaman bibit pohon Mahoni sebesar Rp1,126 Miliar bersumber APBD TA 2013, diduga tidak tepat sasaran serta sarat penyelewangan di Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sumber yang digali di Dishutbun Labusel, Rabu (15/10), dengan anggaran sebesar Rp1,126 miliar sesuai target sebanyak 20400 batang. Diduga hanya terealisasi anggaran sebesar Rp200 jutaan untuk biaya tanaman. Sementara sisa dari anggaran disebut-sebut dipakai untuk biaya perawatan, dan operasional kantor.

Anehnya lagi, didalam APBD selama TA 2013 Dishutbun Labusel telah menganggarkan dua kali untuk tanaman/bibit yang masing-masing anggaran Rp200 juta dan Rp400 juta dengan judul berbeda. Tetapi pada pelaksanaan pekerjaan dilapangan hanya terdengar sekali selama tahun 2013. Bahkan pada APBD TA. 2014 Dishutbun Labusel kembali menganggarkan biaya tanaman/ bibit sebesar Rp1,125 Miliar.

Kepala Dishutbun Labusel Rosihan Noor, ketika dikonfirmasi terkait dana reboisasi penanaman bibit pohon mahoni dengan anggaran Rp1,126 Miliar, yang terealisasi Rp 200 juta sisanya untuk biaya operasional dan pemeliharaan dengan target 20400 batang sesuai APBD TA. 2013 belum mau memberi keterangan.

Bahkan ketika disinggung, bagaimana cara perawatan pada penanaman bibit pohon sesuai data untuk bibit pohon yang hidup ataupun mati, ternyata Rosihan Noor lebih memilih bungkam.

Meskipun sebelumnya, Kadishutbun Labusel Rosihan Noor pernah mengatakan, akan melakukan penyeleksian pada tanaman yang hidup terhadap bibit mahoni sehingga biaya tak perlu dihabiskan agar dapat kembali digunakan nantinya.(zr/ss/ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.