Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pemprov Jambi Akan Bentuk Lembaga Kerjasama Antar Daerah Kab/Kota

Pemprov Jambi Akan Bentuk Lembaga Kerjasama Antar Daerah Kab/Kota

Jambi, suarasumut.com – Kerjasama antar daerah merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh Pemerintahan Kabupaten Kota Se-Provinsi Jambi. Ini tercermin dalam pelaksanaan FGD atau Diskusi Kelompok Terfokus Forum penguatan dan pengembangan kerjasama Daerah, Selasa (20/10) di Bappeda Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh Husni Jamal, Selaku Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Hukum dan Politik, Forum tersebut dilatar belakangi oleh adanya isu-isu strategis yang berkaitan dengan urgensi kerjasama antar Pemerintah Daerah berkenaan dengan Peningkatan Pelayanan Publik.

“Tujuan dan sasaran kegiatan tersebut, berikan masukan maupun informasi mengenai suatu permasalahan yang bersifat lokal dan spesifik berkaitan dengan Program Kerjasama penguatan dan pengembangan Pembangunan Antar
Daerah,”terangnya.

Kebanyakan Kepala daerah Kabupaten hingga Kota mengambil suatu keputusan sendiri tanpa adanya sepengetahuan dari Kepala Pemerintahan Daerah itu sendiri. “Contohnya, memberikan adanya ijin suatu pertambangan untuk akan daerahnya, yang di Jambi saat ini tambang Batu bara, ternyata batu bara itu jatuh harganya, pemilik perusahaan telah menciptakan adanya kerusakan lingkungan,”paparnya.

Selain itu dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tertuang dalam Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Daerah dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Apit, Karo Administrasi pembangunan dan kerjasama menjelaskan, dalam kerjasama dapat dilakukan oleh daerah dengan : a. Daerah lain; b. pihak ketiga; dan/atau c. lembaga atau pemerintah daerah di luar negeri sesuai denganketentuan peraturan perundang-undangan. Bahkan sesuai pasal 364

Kerjasama Daerah yang berbatasan wajib dilaksanakan untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan. Sesuai pasal 364 Kerjasama Daerah yang berbatasan wajib dilaksanakan untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi perlu melakukan fasilitasi kerjasama Pembangunan Antar Daerah melalui Fokus Grup Diskusi Forum Perencanaan oleh Kepala Bappeda dan SKPD pelaksanaan Kerjasama Pembangunan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.