Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Terus Galakkan Gerakan Tanam Pohon

Pemkab Sergai Terus Galakkan Gerakan Tanam Pohon

Sergai, suarasumut.com  –  Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon Indonesia yang ke-VII tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan melaksanakan kegiatan Penanaman pohon yang bertemakan “Hutan Lestari untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Perkebunan PTPN III Kebun Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah, Jum’at (19/12).

Pada kesempatan itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Staf Ahli Bidang Ir. Mega Hadi, Kadis Hutbun M. Aliuddin, SP, MP beserta jajarannya, Kadis Pertanian dan Peternakan H. Safaruddin, M.Si, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto SH, Distrik Manager PTPN III Kebun Tanah Raja Ir. H. Jeffri Wilson dan perwakilan perusahaan perkebunan se-Sergai secara serentak melakukan penanaman bibit pohon mahoni.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat membacakan sambutan tertulis Menteri Kehutanan (Menhut RI) Siti Nurbaya mengatakan bahwa keberadaan hutan di Indonesia dilindungi oleh undang-undang karena hutan sangat penting sebagai penyangga kehidupan manusia dan bumi yang perlu dilindungi, dikonservasi, dimanfaatkan dan direboisasi untuk generasi sekarang dan yang akan datang. Kemudian dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka urusan perencanaan dan pengawasan hutan telah sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah daerah.

Selanjutnya berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat yang berada didalam atau disekitar hutan dalam rangka pengentasan kemiskinan terkait penerbitan UU No. 23 tahun 2014, Menhut Siti Nurbaya menghimbau para kepala pemerintahan daerah dari Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar memberi perhatian terhadap pengembangan Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Desa (HD), Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan pengembangan hutan rakyat pola kemitraan dapat terus berlangsung.

Dan hal yang terakhir bagi masyarakat luas, pelaku usaha, lembaga masyarakat yang bergerak dibidang sosial dan lingkungan hidup sebagai bagian dari pemangku kepentingan agar misi kementrian lingkungan hidup dan kehutanan untuk mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera dapat diwujudkan dengan semangat gotong royong.

Mengakhiri sambutannya Siti Nurbaya berharap melalui semangat gotong royong dalam gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon secara khusus membangun ekosistem hutan. Dengan ekosistem hutan yang baik kedaulatan pangan dan kemandirian dapat terwujud.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana M. Aliuddin SP, MP melaporkan bahwa tujuan diselenggarakannya peringatan HMPI dan Bulan Menanam Nasional pada hari ini agar kita dapat menjaga kelestarian hutan, tanah dan air. Dan sampai dengan hari ini, Kabupaten Sergai telah menanam 1.004.506 batang pohon.

Pada kesempatan yang sama Ir. H. Jeffri Wilson selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta ibu dan para rombongan, juga ucapan terimakasih kepada Kadis Kehutanan dan Perkebunan yang telah memprakarsai acara ini, dari pihak perkebunan akan terus mendukung program maupun kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Sergai sehingga tercapai visi dan misinya.

Sebelum melakukan penanaman pohon Bupati Sergai Ir. H. Soekriman disaksikan Kadis Hutbun M. Aliuddin menyerahkan secara simbolis bibit pohon mahoni kepada Manager PTPN III Kebun Tanah Raja Ir. H. Jeffri Wilson dan menyerahkan bantuan peralatan kepada kelompok usaha.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.