Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Peringati PHI Ke-86 Dan HUT DWP Ke-15

Pemkab Sergai Peringati PHI Ke-86 Dan HUT DWP Ke-15

Sergai, suarasumut.com – Peringatan Hari Ibu (PHI) di Indonesia menjadi event penting untuk mengenang dan menyegarkan kembali ingatan kita bersama akan pentingnya pemahaman dan penghayatan serta arti perjuangan kebangkitan kaum perempuan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar acara PHI ke-86 yang dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-15 yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai Kecamatan Sei Rampah, Selasa (23/12).

Turut hadir dalam acara ini Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, anggota DPD RI Dapil Sumut Dedi Iskandar Batubara MSP, Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar ST, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sergai Ny. Marliah Soekirman, perwakilan FKPD Sergai, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Sri S Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Ketua IKA DPRD Ny. Shalan, Ibu dari Kauskus Perempuan Kabupaten Sergai, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Sergai.

Bupati H Soekirman dalam sambutannya menyampaikan PHI yang kita peringati bersama setiap tahunnya berupaya untuk terus mengingatkan kita akan perjuangan kaum perempuan bersama-sama dengan kaum lelaki dalam merebut kemerdekaan bangsa. Ikrar para pejuang pada kongres perempuan Indonesia pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta merupakan tonggak sejarah puncak perjuangan kaum perempuan.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan peringatan PHI ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kesetaraan peran perempuan dan laki-laki dalam mengisi kemerdekaan serta pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan demi mewujudkan tujuan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, bangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan dan tanggung jawab yang sama dalam berpartisipasi untuk mewujudkan demokrasi dan pembangunan Indonesia seutuhnya.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Sekarang kita dapat melihat kiprah perempuan Indonesia dalam berbagai peran dan posisi strategis pada berbagai keragaman aktivitas. Hal ini menunjukan bahwa perempuan Indonesia merupakan sumber daya yang pontensial yang apabila diberi peluang dan kesempatan akan maju dan meningkatan kualitasnya secara mandiri dan menjadi penggerak dalam berbagai dimensi kehidupan dan pembangunan bangsa.

Pada kesempatan yang sama Penasehat GOW Ny. Marliah Soekirman mengatakan peringatan PHI tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kiprah perempuan Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional yang berkelanjutan guna tercapainya tujuan pembangunan nasional dan pembangunan millenium (MDGs) serta terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki. Sekarang saatnya perempuan untuk maju mandiri membangun masyarakat dan bangsa.

Sebelumnya ketua panitia penyelenggara Ny. Hj. Imas Haris Fadillah melaporkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif dan meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah untuk menempatkan perempuan pada posisi pengambil kebijakan yang responsif gender.

Dalam memeriahkan kegiatan ini, Bupati Sergai menyerahkan bingkisan kepada perempuan berprestasi se-Sergai sebanyak 17 orang, menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada siswa/siswi berprestasi anak anggota DWP sebanyak 165 orang, pemberian sembako secara simbolis kepada golongan I dan II serta honorer di Kecamatan sebanyak 100 orang dan menyerahkan bantuan usaha kepada penyandang disabilitas sebanyak 12 orang.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Wakil Bupati Labusel Lepas Pawai Takbir Kendaraan Hias Idul Adha 1440 H/2019 M

Labusel | suarasumut.com –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengelar Pawai Takbir Hari Raya Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.