Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Paparkan Inovasi Verifikasi Tim APE

Pemkab Sergai Paparkan Inovasi Verifikasi Tim APE

Sergai | suarasumut.com  –  Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang kini usianya beranjak remaja tentunya masih banyak mimpi dan kerja nyata yang harus dilakukan dalam hal pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Serdangbedagai menjadikan kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan selalu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan daya saing melalui pemberdayaan sumber daya lokal dengan mewujudkan masyarakat yang berjiwa wirausaha dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Jumat kemarin dalam pertemuan dengan Tim Verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di ruang Kantor Gubsu Medan.

Turut hadir Tim Verifikasi APE yang diketuai Niken K, Ninin Nirawati dan Soetarti Sadewo, Kabiro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (P2AKB) Provsu Nurlela, Kepala BP2AKB Sergai Hj. Irwani Jamilah SH, Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, mewakili para Kepala SKPD, organisasi perempuan, Ketua Serikat Perempuan Petani dan Nelayan (SP2N), Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Forum Anak Daerah Sergai (Fadase).

Salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah banyak mengeluarkan kebijakan, program dan kegiatan.Dimana dibentuk Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Focal Point PUG di SKPD, Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak, Trafficking dan P2TP2A.

Dijajaran SKPD, Pemkab Sergai memberi kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam berkarier baik dalam jabatan struktural mau pun fungsional. Oleh karenanya Soekirman berharap dengan adanya pertemuan verifikasi APE ini dapat memberikan masukan dan menambah wawasan dalam percepatan kesetaraan, keadilan gender dan perlindungan anak sehingga pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Sergai kedepannya akan lebih baik.

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi, Niken mengungkapkan kedatangan timnya adalah guna memverifikasi dan melihat sejauh mana kebenaran data informasi berdasarkan formulir isian online yang telah diterima. Verifikasi ini merupakan bagian dari proses menentukan kabupaten mana yang berhak mendapatkan penghargaan APE.

Menurutnya, evaluasi data dan evaluasi yang telah diberikan merupakan ukuran apakah kebijakan yang telah diterbitkan di tingkat Pusat dapat diimplementasikan di daerah. Apabila kebijakan yang selama ini dibuat sudah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, atau ada yang perlu ditindaklanjuti lagi. ”APE merupakan penghargaan atau sebuah apresiasi dari sebuah kebijakan terhadap pelaksanaan yang telah dilaksanakan Kabupaten Sergai,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama dilakukan paparan dari Bappeda, BP2AKB dan juga SKPD terkait tentang program dan kegitan yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan, anak dan KB seperti melibatkan perempuan dan anak pada Musrembang baik desa, kecamatan dan kabupaten, sudah adanya Puskesmas Ramah Anak, adanya toilet perempuan dan laki-laki yang terpisah di lingkungan sekolah, ruang laktasi di Puskesmas dan Posyandu, ruang terbuka hijau, taman bermain anak, kawasan bebas asap rokok, pembangunan sanitasi dan instalasi air limbah.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.