Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Lakukan Sidak Kendaraan Dinas Sebagai Bentuk Akuntabilitas Pemerintah

Pemkab Sergai Lakukan Sidak Kendaraan Dinas Sebagai Bentuk Akuntabilitas Pemerintah

Sergai | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), melalui Bidang Aset Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) menggelar apel kendaraan dinas roda empat di lingkungan Pemkab Sergai bertempat di halaman apel Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (7/11). Instruksi Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk mengapelkan kendaraan dinas ini disampaikan oleh Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM saat menyampaikan arahan pada apel pagi dihadapan jajaran PNS.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wakil Bupati Darma Wijaya dan Sekdakab Drs. Hadi Winarno MM usai memeriksa secara acak kelengkapan surat-surat beberapa kendaraan mengatakan apel kendaraan dinas ini merupakan bagian dari upaya pemeriksaan atas seluruh aset-aset pemerintah daerah, baik roda dua, roda empat, termasuk roda enam maupun dump truck. “Semua kendaraan ini akan kita periksa dan disesuaikan data pemegangnya dengan yang ada di Bidang Aset Dinas PPKA, bagaimana fisiknya, bagaimana kelengkapan surat-surat-nya, dan seberapa maksimal dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan para ASN di lingkungan Pemkab Sergai,”terangnya.

Dijelaskan Bupati Soekirman bahwa keberadaan kendaraan dinas ini memang harus diperiksa sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban maupun akuntabilitas pemerintah daerah terhadap aset-aset daerah kepada masyarakat. “Oleh karenanya seluruh kendaraan dinas ini harus tercatat dengan rapi, siapa yang memegangnya, bagaimana kondisinya dan sejauh mana efektivitas penggunaan kendaraan dinas ini untuk kepentingan pelayanan pada masyarakat,”jelas Bupati.

Sementara itu, Kabid Aset PPKA Sergai Asrul Rasimin SH, MM menjelaskan untuk tahap pertama pelaksanaan apel kendaraan dinas diikuti oleh 85 kendaraan roda empat dari 244 kendaraan dinas roda empat yang tercatat di data bidang Aset DPPKA. “Kita harapkan untuk sidak tahap berikutnya, SKPD yang belum menghadirkan kendaraan dinasnya agar menyiapkan kendaraan beserta dengan kelengkapan surat-suratnya,”ujar Kabid Aset PPKA.

Apel kali ini bertujuan untuk memeriksa surat-surat kendaraan yang berkaitan dengan pembayaran pajak dan fisik kendaraan. Dari 85 kendaraan roda empat yang hadir, surat-suratnya lengkap namun sebagian masih ditemukan yang belum tertib pembayaran pajaknya. “Untuk itu kami himbau kepada pemegang kendaraan untuk segera menyampaikan Pajak Kendaraan Bermotornya (PKB) melalui Bidang Aset Dinas PPKA untuk dibayarkan kepada Samsat Dispendasu yang ada Sergai,”Asrul Rasimin menambahkan.

Ditambahkannya bahwa pelaksanaan apel ini sifatnya mendadak sehingga kendaraan yang masih dipakai untuk operasional di lapangan belum dapat hadir dalam sidak pertama ini. “Untuk selanjutnya kita harapkan yang belum diperiksa agar dapat segera dihadirkan,”himbau Asrul Rasimin mengakhiri.(az/ss/sb)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.