Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan Dan Desa/Kelurahan

Pemkab Sergai Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan Dan Desa/Kelurahan

Sergai, suarasumut.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Marliah Soekirman mengukuhkan 17 Bunda PAUD Kecamatan dan 243 Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Sergai bertempat di GOR Serbaguna Nusantara Kota Galuh Kecamatan Perbaungan, Selasa (16/12).

Acara yang dimeriahkan dengan tari-tarian anak didik PAUD ini dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ny. Hj. Sutiyas Handayani Gatot Pujonugroho, Ketua GOPTKI Ny. Sri S. Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Muspika Kecamatan Perbaungan, para Kepala SKPD dan Camat serta Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan PAUD dari tahun ketahun terus mengalami perkembangan. Saat ini jumlah lembaga PAUD di Sergai sebanyak 514 lembaga yang terdiri dari 168 TK, 231 kelompok bermain, 23 tempat penitipan anak dan 92 SPS. Meskipun masih ada 57 desa yang belum memiliki PAUD, ini akan diupayakan melalui APBN dan APBD agar semua desa di Sergai memiliki PAUD. Hal ini merupakan fakta yang telah dilakukan secara bersama antara bunda PAUD, penyelenggara pendidik serta didukung pemerintah daerah melalui dinas pendidikan, ujar H. Soekirman.

Lebih lanjut Bupati Sergai menjelaskan bahwa anak usia dini adalah harapan masa depan yang harus diberikan stimulus yang tepat, untuk itu diperlukan sentuhan Bunda PAUD yang cerdas dan kreatif yang akan menjadi model “ABADI” dalam memori seorang anak. Ada beberapa hal yang perlu yang perlu diperhatikan dalam memajukan PAUD di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, salah satunya para pendidik PAUD harus lebih banyak memberikan latihan dan stimulasi yang bermakna bagi anak-anak. PAUD diharapkan bisa menjembatani anak-anak yang berada dalam pengasuhan orang tua untuk dipersiapkan kejenjang sekolah, ungkap Bupati Sergai.

Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau kepada seluruh Bunda PAUD agar peranan PAUD harus lebih ditingkatkan, yang terpenting agar tidak diabaikan sisi pembangunan karakter seorang anak. Karena melalui pembangunan karakter yang dari usia 1-10 tahun pertama itulah seorang anak mengerti tentang budi pekerti serta moral baik dan buruk, pungkas Soekirman.

Sebelumnya Bunda PAUD Provsu Ny. Hj. Sutiyas Handayani Gatot Pujo Nugroho mengatakan dalam rangka peningkatan kualitas anak usia dini diperlukan upaya bersama dengan melibatkan berbagai unsur baik pemerintahan, perguruan tinggi, LSM, organisasi profesi, pendidik, praktisi dan masyarakat luas yang berkecimpung dalam program pembinaan PAUD. Untuk itu perlu dibuat serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan, menggugah serta meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya PAUD, kegiatan dimaksud salah satunya adalah pengukuhan bunda PAUD.

Bunda PAUD merupakan figur ibu yang melekat pada setiap istri kepala daerah. Keberadaan bunda PAUD diharapkan bukan semata sebagai simbol akan tetapi dituntut memiliki peran sebagai tokoh sentral dalam pengembangan program PAUD, mampu menjalin komunikasi dengan semua kelompok masyarakat, juga bisa melindungi dan mengayomi penyelenggaraan PAUD, dapat mengkoordinasikan berbagai program serta mensinergikan satu dengan yang lain di wilayah masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Bunda PAUD Kabupaten Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini holistik integrasi, PAUD saat ini bukan hanya merupakan tanggungjawab dinas pendidikan tetapi melibatkan semua elemen masyarakat.

Ny. Hj. Marliah Soekirman mengucapkan selamat atas pengukuhan bunda PAUD ini, dan berharap setelah pengukuhan Bunda PAUD ini saya berharap semoga Pemerintah Kabupaten hingga Desa dapat mengalokasikan anggaran untuk membantu pengembangan PAUD di desanya masing-masing sehingga dapat berjalan dengan baik dan tujuan Kabupaten ini dapat tercapai, ujar Marliah Soekirman.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.