Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Bentuk Tim Pengawas Kegiatan Eksploitasi Mineral Bukan Logam

Pemkab Sergai Bentuk Tim Pengawas Kegiatan Eksploitasi Mineral Bukan Logam

Sergai | suarasumut.com  –  Pemanfaatan sumber daya alam berupa mineral bukan logam atau mineral batuan diperlukan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan, terlebih dengan adanya beberapa proyek pembangunan berskala nasional yang sedang dikerjakan di Provinsi Sumut seperti PLTU Sicanang Belawan dan khususnya di wilayah Serdang Bedagai (Sergai) seperti pembangunan tol Medan-Tebingtinggi.

Hal ini dikemukakan Wabup Sergai Darma Wijaya saat membuka rapat Tim Pengawas Kegiatan Ekspolitasi Mineral Bukan Logam atau Mineral Batuan di lingkungan Pemkab Sergai, Rabu (16/11). Rapat ini digelar di ruang rapat H.T. Rizal Nurdin Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Oleh karenanya dikatakan Wabup Darma Wijaya, perlu dilakukan pengawasan terhadap kegiatan eksploitasi mineral bukan logam atau mineral batuan di Sergai agar dalam melakukan eksploitasi tidak menimbulkan dampak negatif terhadap ekosistem dan masyarakat disekitar lokasi penambangan.

Selain itu, tim ini juga diharapkan dapat memantau dan memastikan agar kegiatan ekspolitasi di daerah ini sudah memenuhi aturan perundangan yang berlaku.

Tujuan lain dibentuknya tim ini, menurut Darma Wijaya juga untuk memastikan bahwa jumlah dan kapasitas mineral bukan logam dan batuan tersebut sudah sesuai dengan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diterima dalam kas daerah Kabupaten Sergai. Untuk itu, Wabup berharap agar tim yang di ketuai oleh Asisten Ekbangsos Drs. H. Ahmad Zaki MAP ini nantinya akan melaksanakan tugas pengawasan dengan baik.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa tim ini akan melakukan pengawasan dalam 2 tim di beberapa Kecamatan mulai dari tanggal 17 November sampai 15 Desember 2016. Sampai periode Agustus 2016, ada 29 lokasi pertambangan yang terdaftar dan akan ada dibawah pengawasan tim ini yang tersebar di Kecamatan Kotarih, Serbajadi, Pegajahan, Sei Rampah, Tebingtinggi, Dolok Masihul, Sei Bamban, Sipispis dan Kecamatan Perbaungan.(az/ss/sb)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.