Beranda ›› Headline ›› Pemkab Palas Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Pemkab Palas Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Palas | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten padang Lawas (Palas) memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 54 tahun 2018 bertempat lapangan Merdeka Sibuhuan, Senin (12/11/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Palas H.Ali Sutan Hrp (TSO) membacakan pidato Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek pada peringatan HKN Ke-54 tahun 2018 dengan Tema, “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita”.

Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Dalam arahan menteri Kesehatan dikatakannya bahwa arena keluarga kecil juga merupakan inti kesehatan yang memberi dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat serta perlu kita membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selanjutnya disampaikan bahwa Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target/fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi data profil keluarga.

Sesuai juga Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan Kabupaten/Kota, selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu dilibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat (Germas).

Karena dalam mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan serta program-program kesehatan harus dilibatkan semua unsur dalam melaksanakannya.

Disamping itu juga permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia saat ini yaitu masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular, untuk dalam menyelesaikan masalah ini perlu kita meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang, terutama Dinas Kesehatan dan Puskesmas agar menggerahkan segala potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan sehingga terciptanya masyarakat indonesia yang produktif serta dapat berperan aktif dalam Pembangunan Nasional serta dapat mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa indonesia yang kuat.

Bupati berharap semoga Peringatan HKN menjadikan momentum yang meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan Negara-Negara lain.

Dengan semangat peringatan HKN ke 54 saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Selamat Hari Kehatan Nasional, Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.

Dalam mengisi rangkaian acara Peringatan HKN Ke-54 tahun 2018 tingkat Palas dilaksanakan pameran makan bergiji dan beberapa kegiatan lainnya dalam memeriahkan HKN, sekaligus Pemerintah Daerah Kabupaten palas menyerahkan kepada beberapa Kepala Desa. (sl/ss-pl)

Lihat Juga

KPU Palas Melakukan Penyempurnaan DPTHP Kedua

Palas | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan penyempurnaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.