Beranda ›› Headline ›› Pemkab Nias Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Pemkab Nias Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias menggelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) mukai tanggal 25 – 27 September 2019.

Lomba yang dibuka langsung oleh Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM digelar di ruang rapat kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli.

Pada pembukaan LIPD, Kamis (25/9), Bupati Nias berharap aparat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Nias memikirkan cara baru dalam bekerja agar berimplementasi pada peningkatan kinerja.

“LIPD merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan One Agency One Innovation,” terangnya.

Gerakan tersebut merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi sesuai Permen PanRb nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik.

LIPD dilaksanakan sebagai wujud nyata evaluasi implementasi motto kerja Pemkab Nias, yaitu kreatif, inovatif dan sinergitas (KIS) yang bertujuan mewujudkan satu OPD minimal satu inovasi melalui sinergitas antara rencana dan orientasi (Somasi Saro).

Tidak lupa dia memberitahu bahwa Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Nias sebagai salah satu perangkat daerah juga turut mengambil bagian dalam lomba tersebut.

Setda Kabupaten Nias menampilkan dua proposal inovasi, yaitu inovasi Layanan Informasi Produk Hukum Daerah (Lafoda) dan inovasi Sistim Informasi Harga Pangan Untuk Pengendalian Inflasi Daerah (Sihagada)

Inovasi Lafoda bertujuan merancang dan menyiapkan website bagian hukum yang di dalamnya terintegrasi laman publikasi produk hukum daerah.

Juga informasi seputar kegiatan Pemkab Nias di bidang hukum, ruang konsultasi atau tanya jawab dan agenda persuratan yang dapat diakses setiap orang.

Sedangkan Inovasi Sihagada bertujuan meningkatkan kualitas informasi dari konvensional menjadi online yang mudah dipantau secara terus menerus.

Sehingga kepala daerah dapat aktif mengendalikan inflasi, dan Opd dapat berkoordinasi secara rutin.

Selain itu dapat mencegah kenaikan inflasi serta meningkatkan daya beli masyarakat dan mencegah keterlambatan informasi.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.