Beranda ›› Headline ›› Pemkab Nias Data Lahan Sawah Untuk Data Akurat

Pemkab Nias Data Lahan Sawah Untuk Data Akurat

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias akan melakukan pendataan lahan sawah untuk mastikan data akurat jumlah luas lahan sawah di Kabupaten Nias.

“Pendataan lahan pertanian pangan berkelanjutan (Lp2b) kita lakukan memastikan luas baku lahan sawah yang sebenarnya ada di Kabupaten Nias,” jelas Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH,MH pada acara ekspost luas lahan sawah Kabupaten Nias di Wisma Soliga, Kota Gunungsitoli, Selasa (1/10).

Wakil Bupati Nias memberitahu, seiring pertumbuhan penduduk yang dinamis saat ini, keberadaan lahan pertanian di Kabupaten Nias terancam untuk kebutuhan lain seperti perumahan, fasilitas publik, produstri dan sebagainya.

Sehingga sangat perlu dilakukan penyiapan data Lp2b, dimana juga terjadi perbedaan data luas baku lahan sawah Kabupaten Nias dari berbagai sumber.

Dimana sesuai Rt/Rw Kabupaten Nias, luas baku lahan sawah yang ada di Kabupaten Nias telah ditetapkan seluas 7.119 hektar, tetapi pada data badan pusat stastistik luas lahan sawah di Kabupaten Nias seluas 7.558 hektar.

Bahkan sesuai data ART/BPN 2018, lahan sawah di Kabupaten Nias hanya seluas 2.858 hektar, dan dari verifikasi Gubernur Sumatera Utara luasnya hanya 7.119,53 hektar.

Sehingga perbedaan pengambilan data lapangan tersebut, perlu dilakukan pendataan Lp2b, karena pengaruhnya terhadap kebijakan seperti penyampaian sarana produksi bagi petani terutama pupuk bersubsidi, benih unggul, alat mesin pertanian, dan infranstruktur dasar pertanian lainnya seperti irigasi sangat penting.

Dia berharap pertemuan tersebut menghasilkan data lahan pertanian pangan berkelanjutan Kabupaten Nias yang benar benar valid, dimana data tersebut didasarkan atas identivikasi dan survei lapangan oleh tim, serta dilengkapi dengan data spesial berupa peta sebaran Lp2b di Kabupaten Nias.

Sehingga data Lp2b Kabupaten Nias dapat disampaikan kepada tim penyampaian data Lp2b Provinsi yang nantinya akan diintegrasikan dengan data Lp2b Nasional.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Mantan PM Australia Ke-29 Kunjungi Bukalapak

Jakarta | suarasumut.com –  Mantan Perdana Menteri Australia ke-29, Malcolm Turnbull, mengunjungi kantor Bukalapak untuk …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.