Beranda ›› Headline ›› PEMKAB LABUSEL LAKSANAKAN KEGIATAN ADVOKASI DAN FASILITASI PUG BAGI PEREMPUAN

PEMKAB LABUSEL LAKSANAKAN KEGIATAN ADVOKASI DAN FASILITASI PUG BAGI PEREMPUAN

Kota pinang, suarasumut.com – “Keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat sangat tergantung dari peran serta laki dan perempuan sebagai pelaku dan pemanfaat hasipembangunan.

Kita lihat pada kenyataannya keterlibatan perempuan dalam pembangunan masih belum optimal bila dibandingkan dengan kaum laki-laki,” Hal tersebut disampaikan Bupati Labuhanbatu Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Zulkifli, SIP, MM ketika membuka acara Kegaitan Advokasi dan fasilitasi PUG bagi perempuan Kabupaten Labuhan batu Selatan yang bertempatan di Convention Hall hotel Sudi Mampir blok songo.

Bupati dalam acara itu turut didampingi oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Labuhanbatu Selatan H. Lamsaniah, Spd, MPd.

Lanjut bupati bahwa pengarusutamaan gender (PUG) merupakan suatu strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender antara laki laki dan perempuan melalui kebijakan, program, kegiatan dan proyek dengan memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, manfaat dan permasalahan perempuan dan laki laki yang berbeda dalam perencanaan melaksanakan pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Instruksi presiden No 09 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional menginstruksikan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, pemerintah dan non depertemen, pimpinan kesekretariatan lembaga tertinggi/tinggi negara, panglima TNI, KEPOLISIAN RI, kejagung, gubernur dan bupati/walikota untuk melaksanakan PUG.

Sebelumnya Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan kegiatan advokasi dan fasilitasi PUG bagi perempuan ini diikuti oleh 100 an orang peserta terdiri dari kepala SKPD, para Camat dan para Kasubag Program seluruh Dinas, Badan dan Kantor dan dari PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selam satu hari penuh ini menghadirkan, kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Labuhanbatu Selatan H. Lamsaniah, SPd, MPd, mewakili Kepala bappeda, mewakili Kabiro Pemberdayaan Peremppuan, Anak dan KB Setdaprovsu diwakili Kabag PUG Biro PP Anak dan KB Dra.Hj Marhamah,M.Si,dan undangan lainnya.Sedangkan tujuan pelaksanaan Pengurtamaan Gender ini adalah untuk memastikan bahwa perempuan dan anak akan mendapatkan serta memperoleh hak-hak dasar dalam proses pembangunan.(wd/ss/ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.