Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Labura Peringati HUT Damkar Ke – 97

Pemkab Labura Peringati HUT Damkar Ke – 97

Aekkanopan | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Pemkab Labura) memperingati Hut Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-97 Tahun 2016 di halaman Kantor Bupati Labura, Senin (7/3).

Bersamaan apel pagi yang dilanjutkan Hut Damkar ke-97 jatuh pada tanggal 1 Maret Wakil Bupati Labura Drs.Dwi Prantara,MM membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tjahjo Kumolo mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran.

Apabila ada kebakaran lakukan segera pemadaman dini jangan biarkan api tumbuh menjalar besar karena kobaran api sulit dipadamkan. Akibat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa,kerugia materi, kehilangan mata pencarian, kemunduran ekonomi dan kerusakan lingkungan.

Kebakaran hutan dan lahan gambut bisa menimbulkan bencana pencemaran asap berdampak pada kesehatan,transportasi dan gangguan aktifitas perekonomian. Hari bersejarah bagi petugas Damkar dahulu disebut Branweer dimana mengenang kisah perjuangan pengorbanan petugas melawan kobaran api.

Petugas Damkar wajib siaga 24 jam dan tidak mengenal hari libur dengan motto “pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya“. Sosok petugas Damkar siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, ikhlas tanpa pamrih,tanpa mengharap pujian dan sanjungan.

Secara geografis Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng dunia menjadi faktor pemicu rawan terjadinya bencana. Indonesia dikenal sebagai laboratorium bencana alam, non alam maupun sosial tidak dapat dilawan dan distop namun dapat dihindari dengan melakukan upaya pengurangan resiko bencana.

Penyebab kebakaran 99 persen akibat ulah manusia baik disengaja maupun tidak sengaja bencana alam disusul timbulnya kebakaran. Kebakaran lahan gambut tidak dilakukan pemadaman dini bisa mengakibatkan pencemaran asap hingga ke negara tetangga.

“Nawa Cita atau 9 agenda Presiden RI 2014-2019 menyatakan, menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.Selain itu undang undang menyatakan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah menjadi penanggungjawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dan kebakaran,”ungkapnya.(rl/ss-lu)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.