Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Labuhanbatu Gelar Festival Kesenian Tradisional Di Kecamatan Panai Tengah

Pemkab Labuhanbatu Gelar Festival Kesenian Tradisional Di Kecamatan Panai Tengah

Labuhanbilik, suarasumut.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar festival budaya kesenian tradisional jawa berupa jaran kepang di tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Panai Tengah, Panai Hulu dan Panai Hilir yang dipusatkan di lapangan Ika Lia Labuhanbilik, 11/6.

Festival yang di ikuti tiga grup jaran kepang diantaranya, grup Turonggo Sakti dari Panai Hulu, grup Maju Budaya dan Mekar Budaya dari Panai Tengah ini mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat di tiga kecamatan lantaran selama puluhan tahun belum pernah diadakan pagelaran seperti ini.

Festival yang memperebutkan tropy dan uang pembinaan ini dibuka oleh Sekdakab Labuhanbatu, Ali Usman Harahap,SH dan dihadiri oleh Kadispora dan beberapa SKPD lainnya berjalan meriah .

Ali Usman sendiri dalam sambutannya menyampaikan kalau festival seni dan budaya jawa ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah dalam melestarikan budaya serta kesenian daerah serta menumbuh kembangkan budaya daerah yang saat ini mulai pudar dengan seiringnya modernisasi luar.

Sementara itu, H.Agustiar selaku Camat Panai Tengah yang menjadi tuan rumah pagelaran seni budaya ini merasa sangat berterima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang mana selama puluhan tahun dirinya bertugas di Panai Tengah ini belum pernah ada pagelaran seperti ini.

“Atas nama masyarakat Panai,kita sangat berterima kasih kepada Bupati Labuhanbatu Dr.H.Tigor Panusunan Siregar,Sp PD yang begitu memperhatikan kesenian dan budaya tradisional ini,dimana selama ini telah kita ketahui kalau budaya tradisional seperti jaran kepang ini bisa dikatakan hampir pudar, hal ini juga bertujuan untuk mengingatkan kepada generasi kita kalau budaya dan kesenian ini patut dilestarikan,”ungkapnya.

Diakhir festival tersebut, grup Turonggo Sakti berhasil meraih juara pertama yang diikuti grup Mekar Budaya dan grup Maju Budaya yang menduduki peringkat ke tiga.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.