Beranda ›› Headline ›› Pemdes Tapteng Sosialisasi Pilkades Serentak Tahun 2018, Rencana 75 Desa Siap Bertarung

Pemdes Tapteng Sosialisasi Pilkades Serentak Tahun 2018, Rencana 75 Desa Siap Bertarung

Poriaha | suarasumut.com  –  Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemdes Setdakab Tapteng) melaksanakan sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se – Tapteng tahun 2018, di aula kantor Camat Tapian Nauli, Jumat (09/03/2018).

Kepala Bagian Pemdes Ridho SM Hutabarat SSTP MM memaparkan terhadap para peserta sosialisasi khususnya Kades, Sekdes, dan BPD yang akan berakhir masa jabatannya pada Oktober 2018.

Ia menguraikan berbagai regulasi terkait dengan Pilkades serentak, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tapteng yang meliputi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa PP Nomor 47 Tahun 2016, tentang Peraturan Pelaksana PP Nomor 43 Tahun 2014.

“Penjelasan Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, yang telah dirubah dengan Permendagri nomor 65 tahun 2017, yang mencabut sebagian pasal dan huruf tentang pemilihan cakades,” kata Kabag Pemdes.

Penjelasan Peraturan Daerah (Perda) Tapteng Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pilkades di Tapteng, dan peraturan bupati Tapteng Nomor 5 Tahun 2016 tentang peraturan pelaksanaan Pilkades Tapteng.

“Rencananya pelaksaaan Pilkades serentak di Tapteng akan dilaksanakan pada 5 September 2018 terdiri atas 75 desa di 19 kecamatan se Tapteng,” ucap Ridho Hutabarat.

Dijelaskannya, hal itu sebagaimana telah ditetapkan melalui keputusan Bupati Tapteng yang memuat tentang penetapan hari dan tanggal pemungutan suara serta jadwal tahapan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2018.

Kabag Pemdes berharap, melalui sosialisasi ini tiap desa menyiapkan dan membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).

“Para Kades yang akan berakhir masa jabatannya diwajibkan membuat Laporan Akhir Masa Jabatan yang akan disampaikan dalam Musyawarah Desa dan diserahkan ke Bupati melalui Camat,” terang Ridho.

Acara sosialisasi Cakades itu didampingi Camat Tapian Nauli Rinaldy Siregar S Sos, Sekcam, aparatur Kecamatan Tapian Nauli, Kades, Sekdes, ketua dan sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kcamatan Tapian Nauli.

Acara sosialisasi ini berlanjut dengan diskusi tanya jawab yang berjalan dengan lancar dan tertib hingga ditutup Camat Tapian Nauli Rinaldy Siregar S Sos (ph/ss-tt).

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.