Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pembangunan Bidang Ekonomi Jambi Dinilai Sudah Berhasil

Pembangunan Bidang Ekonomi Jambi Dinilai Sudah Berhasil

Jambi, suarasumut.com – Kepala Bappenas yang diwakilkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Bappenas RI, Imron Bulkin memuji keberhasilan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus terhadap beberapa bidang.

Imron Bulkin menilai ada beberapai keberhasilan yang dicapai seperti pertumbuhan ekonomi, pengurangan angka kemiskinan, IPM kesenjangan wilayah, itu disampaikannya di ruang Aula Mayang Mengurai Bappeda Provinsi Jambi, Rabu (8/4) pada acara Musrenbang RKPD Provinsi Jambi 2016.

Selama lima tahun kepemimpinan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus cukup banyak keberhasilan yang dicapai. Seperti pengurangan pengangguran, berkurangnya masyarakat miskin, pertumbuhan ekonomi diatas pertumbuhan ekonomi nasional, angka IPM meningkat. Rasio kesenjangan antara masyarakat masih rendah dan kesenjangan antar wilayah juga cukup baik.

Namun demikian ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diperbaiki berupa income perkapita masyarakat Jambi masih rendah dan jauh dibawah rata-rata nasional. Kemudian sebagian besar masyarakat juga masih ketergantungan pada sector pertanian.

Untuk itu dia berharap agar pemerintah mencari solusi dengan meningkatkan sumber daya manusia. “Karena berdasarkan data tenaga kerja di Provinsi Jambi masih didominasi pendidikan sekolah dasar (SD) yaitu masih 42 persen. Pemerintah harus bisa mendorong investor masuk ke Jambi dengan mempermudah pemberian izin dan dengan biaya ringan,” pintanya..

Selanjutnya dia juga melihat sebagian besar pinjaman Bank di Provinsi Jambi digunakan untuk konsumtif dan variabelnya sangat kecil sekali yang digunakan untuk sektor usaha.

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus mengaku beberapa permasalahan yang menjadi PR akan dikoordinasikan dengan SKPD terkait. Namun demikian menurutnya masih rendahnya income perkapita ini disebabkan infrastruktur jalan belum memadai.

“Untuk jalan provinsi dalam kondisi mantap baru 72 persen. Hal ini karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Maunya dalam dua tahun jalan mulus semua, tapi anggaran tidak mencukupi,” jelasnya.

Gubernur juga mengatakan dalam sambutannya bahwa sebagain besar komoditi ekspor Jambi dikirim melalaui pelabuhan luar dan hanya 20 persen yang melalui pelabuhan Jambi. Sisanya melalui pelabuhan Dumai Riau, Bombatu Palembang, Teluk Bayur Padang dan ada juga yang diekspor melalui pelawan Medan.

“Kita mendorong pemerintah pusat untuk membangun pelabuhan Ujung Jabung menjadi pelabuhan Samudera. Dengan demikian komoditi pertanian, perkebunan dan pertambangan bisa diekspor melalui pelabuhan Jambi,”harap Gubernur.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.