Beranda ›› Foto & Video ›› Pelajari Budidaya Sengon, Pemkab Sergai Kunker Ke Kabupaten Kepahiang

Pelajari Budidaya Sengon, Pemkab Sergai Kunker Ke Kabupaten Kepahiang

Sergai, suarasumut.com – Dalam rangka mempelajari dan melihat langsung tentang cara budidaya tanaman Sengon guna diterapkan untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman beserta rombongan Tim Revitalisasi Budaya Lokal Kabupaten melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu selama 2 hari mulai tanggal 21-22 Oktober 2014.

Dalam kunjungan itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta rombongan Tim Revitalisasi Budaya Lokal diterima langsung oleh Bupati Kepahiang DR. Drs.H.Bando Amin C. Kader MM, Ketua DPRD H Baddarudin AMd, Wabup Bambang Sugianto,SH, MH, Sekretaris Daerah Drs. Hazairin A. Kadir MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Ice Rakizah S.Sos, M.Kes, Ketua GOW Ny. Hesta Heviyanti, SE, Ny. Tini Hazairin dan seluruh jajaran SKPD Pemkab Kepahiang dengan tarian khas yaitu tari Kejei.

Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan ekspose serta tanya jawab tentang potensi wilayah Kabupaten Kepahiang terutama budidaya tanaman Sengon, buah naga, talas jepang (Satoimo) serta potensi lain yang dapat meningkatkan taraf perekomian masyarakat bertempat di aula kantor Bupati Kapahiang Provinsi Bengkulu, Selasa (21/10).

Hal ini diungkapkan Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala melalui telepon selularnya kepada wartawan, Kamis (23/10).
Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka ingin mereplikasi best practice yang ada di Kabupaten Kepahiang yaitu program “Sengonisasi” yang telah cukup berhasil dan meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini.

Mengenai kaitan budidaya tanaman sengon dengan seni budaya, Bupati Soekirman mengungkapkan bahwa ,”kami tidak hanya melihat budaya itu dalam artian seni seperti tarian atau nyanyian saja, tetapi juga melihat bagaimana budaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat suatu daerah seperti budaya bertanam sengon di Kepahiang ini”, ujar Kabag Humas.

Dengan melakukan kunjungan ini kita dapat melihat bahwa budaya atau kebiasaan yang belum biasa akan menjadi biasa seperti dalam hal slogan “Mau Kaya,Tanam Sengon” yang sedang digalakkan Pemkab Kepahiang ini. Sejauh mana budaya menanam sengon telah menjadi kebiasaan masyarakat, itulah yang ingin kami lihat dan terapkan nantinya di Sergai, jelas Indah Dwi Kumala.

Bupati Soekirman juga mengungkapkan bahwa dilihat dari seni budayanya, ada kesamaan antara tarian selamat datang dengan tarian penyambutan tamu agung khas Tari Kejei dengan menyajikan seperangkat makanan tradisionil dalam bentuk sirih, akan tetapi wadah atau tempat sirihnya yang sedikit agak berbeda, terang Kabag Indah.

Dengan diikutsertakannya pelaku-pelaku budaya Sergai dalam kegiatan ini diharapkan agar nantinya dapat menyebarluaskan serta mengaplikasikan prestasi-prestasi didaerah yg dikunjungi tersebut melalui pertunjukan seni dan budaya, pungkas Indah

Kegiatan kunjungan Tim Revitalisasi Budaya Lokal ke Kabupaten Kapahiang ini kemudian diisi dengan peninjauan lokasi budidaya Sengon dan buah naga serta talas jepang (satoimo).

Pada malam harinya digelar pertunjukan seni budaya kedua kabupaten yg berlangsung meriah bertempat di taman kota Kapahiang. Diawali dengan tari-tarian khas Kapahiang, penampilan rombongan tim seni budaya Sergai mendapat aplaus dan antusiasme yang cukup meriah dari masyarakat Kepahiang Khususnya seni gondang sembilan, permainan pantun dari seniman pantun Sergai dan tari wayang orang.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.