Beranda ›› Foto & Video ›› Pelajar SMAN 1 Gunungsitoli Unjuk Rasa Tolak Guru Dipindahkan

Pelajar SMAN 1 Gunungsitoli Unjuk Rasa Tolak Guru Dipindahkan

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com — Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Gunungsitoli melakukan unjuk rasa di lapangan sekolah menolak guru mereka dipindahkan. Selain melakukan unjuk rasa dilapangan sekolah, para pelajar tersebut juga membuang tempat sampah dan kursi dalam kelas yang ada di lantai II sekolah ke lapangan untuk menunjukkan sikap protes.

Aksi pelajar yang nyaris anarkis, berhasil diredam oleh sejumlah personil Kepolisian dari Polres Nias yang tiba di SMA Negeri 1 Gunungsitoli, Jalan Pendidikan, Kota Gunungsitoli, Senin (8/9).

Sejumlah siswa yang ditemui wartawan di komplek sekolah memberitahu, aksi unjuk rasa yang mereka lakukan adalah bentuk protes mereka terhadap pemindahan dua orang guru yang menurut mereka sudah lama mengajar di SMA Negeri 1 Gunungsitoli.

Mereka juga mengklaim, pemindahan guru mereka tersebut atas nama Pelni Nazara dan Mintaria Gea merupakan buntut dari unjuk rasa yang dilakukan siswa sebelumnya, dimana para siswa menolak keberadaan kepala sekolah yang kini memimpin SMA Negeri 1 Gunungsitoli.

Selain itu, mereka juga menegaskan jika pemindahan kedua guru tersebut terus dilanjutkan, maka mereka akan melakukan unjuk rasa ke kantor Walikota Gunungsitoli supaya kedua guru mereka tidak jadi dipindahkan dan kepala sekolah dicopot.

Sokhiato Hia ditempat yang sama, kepada wartawan mengatakan tidak tahu apa penyebab para siswa siswa didiknya melakukan unjuk rasa. Tetapi dia menerangkan, sebelum unjuk rasa siswa terjadi, ada dua oknum guru yang baru kembali dari kantor Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

Ketika kembali ke sekolah, kedua oknum guru tersebut lalu mengumpulkan guru lainnya di ruang wakil kepala sekolah bersama sejumlah siswa, dan seterusnya para siswa ketika keluar dari ruang wakil kepala sekolah langsung melakukan aksi unjuk rasa.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Program TMMD Beri Dampak Nyata

Nias | suarasumut.com  –  Program Tni Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 memberikan dampak nyata …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.