Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› PDAM Tirta Bulian Dan Bank Sumut Jalin Kerja Sama Pembayaran Tagihan Air

PDAM Tirta Bulian Dan Bank Sumut Jalin Kerja Sama Pembayaran Tagihan Air

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Untuk meningkatkan pelayanan, PT Bank Sumut dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bulian Kota Tebingtinggi melakukan kerjasama tentang penyediaan dan penggunaan jasa perbankan dalam layanan pembayaran rekening air dan layanan perbankan lainnya, Selasa (8/11/2016).

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Ester Junita Ginting dan Direktur PDAM Tirta Bulian Erwin Putra di Kantor Bank Sumut Cabang Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi, dan turut disaksikan Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, OK Zulkarnain, Sekdakot, Johan Samose Harahap dan Wakil Pimpinan Cabang Bank Sumut Tebingtinggi, Erlianda Purba.

Direktur Pemasaran PT Bank Sumut, Ester Junita Ginting menyampaikan, hingga saat ini PT Bank Sumut yang pemegang sahamnya adalah seluruh pemerintahan daerah di Sumatera Utara memiliki aset senilai Rp 29 triliun, dan merupakan bank pembangunan daerah (BPD) terbaik ke 6 di Indonesia.
“PT Bank Sumut tetap komit dalam menyalurkan dana-nya untuk pembiayaan dan 50 persen untuk sektor usaha mikro warga masyarakat di Sumatera Utara,”katanya.

Dengan jalinan kerjasama tersebut, para pelanggan PDAM Tirta Bulian yang mayoritas adalah nasabah PT Bank Sumut tidak perlu susah-susah lagi untuk membayar rekening tagihan air. “Mulai saat ini pelanggan air PDAM tidak perlu susah lagi harus ke teller, bisa melalui ATM atau internet banking, bahkan bisa kuasa auto debet (pemotongan langsung dari rekening atas permintaan nasabah). Kalau sibuk juga bisa via telepon sehingga pembayaran tagihan air PDAM-nya tidak terlambat,” jelasnya.

Melalui perjanjian kerjasama tersebut, pembayaran tagihan air PDAM Tirta Bulian dapat dilakukan melalui seluruh channel Bank Sumut yaitu teller, ATM, Auto Debet, Layanan SMS Banking dan Layanan Bill Presentment Bank Sumut. “Perjanjian kerjasama ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat serta mewujudkan PDAM Tirta Bulian dan PT Bank Sumut sebagai perusahaan daerah yang menjadi regional champion di daerahnya,” ujar Ester.

Sementara Erwin Putra mengatakan, PDAM Tirta Bulian milik Pemko Tebingtinggi merupakan peringkat 6 terbaik di Sumatera Utara dan masuk dalam ‘Kategori Baik’ ini salah satu kendalanya adalah efektifitas penagihan air yang baru 70 persen. Diharapkan melalui kerjasama ini tingkat efektifitas penagihan air semakin meningkat dan lancar.

“Suatu kebanggaan bagi kami bisa bekerjsama dengan PT Bank Sumut, ini wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik ke masyarakat,” katanya.

Usai kesepakatan itu, Pj Wali Kota, Zulkarnain berharap, jalinan kerjasama ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik bagi PT Bank Sumut sebagai bank milik pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara da juga PDAM Tirta Bulian selaku perusahaan milik Pemko Tebingtinggi.

“Jika selama ini kendala PDAM dalam hal penagihan yang baru 70 persen bisa dilakukan, melalui kerjasama ini diharapkan yang 30 persen lagi tidak macat lagi pembayarannya dan bisa tertagih penuh 100 persen. Diharapkan tidak ada lagi tunggakan rekening air di masyarakat,” harapnya.

Pj Wali Kota juga berharap jalinan kerjasama tersebut bisa meningkatkan kinerja PDAM Tirta Bulian, baik dalam hal penambahan jumlah pelanggan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas air.

“Melalui kerjasama ini, PDAM harus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih kepada pelanggannya, cakupan pelayanan yang baru 58 persen. Ini berarti masih ada sekitar 42 persen lagi potensi pelanggan air bersih di kota Tebingtinggi da. angka tersebut diharapkan bisa meningkat lagi,”pintanya.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.