Beranda ›› Foto & Video ›› Pariwisata Tapteng Mandek, Ir H Buyung Sitompul MT : Jangan Melihat Yang Salah, Tetapi Lihatlah Peluang

Pariwisata Tapteng Mandek, Ir H Buyung Sitompul MT : Jangan Melihat Yang Salah, Tetapi Lihatlah Peluang

Tapteng | suarasumut.com – Peluang daerah Tapanuli Tengah (Tapteng) masih banyak yang perlu di kembangkan baik salah satu lokasi daerah sektor pariwisata. Daerah Tapteng dengan julukan ” Negeri Wisata Sejuta Pesona” ini, butuh masukan dari segi pengelolaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia. Hal tersebut di ungkapkan Ir H Buyung Sitompul MT saat di sambangi media dalam forum, Minggu (22/3).

Calon kepala daerah Tapteng yang akan maju dari independen periode 2017 – 2022 ini memberi masukan berupa metode pembangunan daerah yang selama ini haus akan peluang usaha. Buyung menilai di sektor pariwisata daerah Tapteng kaya akan pengunjung bahari, tetapi dari segi pengelolaan masih kurang memadai.

“Tapteng memang melimpah akan wisata bahari, banyak yang berkunjung dari daerah tetangga kita, maksimal dari daerah Tapanuli Selatan. Tetapi itu pengunjungnya hanya sebatas keramaian saja,”ungkap Buyung.

Menurutnya, jika hanya sebatas keramaian pengunjung saja tanpa ada souvenir dari lokal (buah tangan Tapteng) untuk dibawa wisatawan, pariwisata lokal tidak akan berkembang bagi masyarakat dan pemerintah. Maka itu, sambung Buyung Sitompul perlu di tingkatkan pelatihan pengelolaan usaha bagi masyrakat pesisir pantai barat Sumatra.

“Saya sudah lihat dari daerah lain, seperti batok (tempurung) kelapa dapat bermanfaat bagi usaha daerah pariwisata, yang berupa dibentuk di buat jadi bingkai photo, serta alat ukir lainnya. Nah, disini ada baiknya mendatangkan pelatihan dari luar daerah yang berkompeten untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya,”saran Buyung.

Putra kelahiran 9 Maret 1960 ini menambahkan, pengetahuan yang di peroleh pengolah harus di tindak lanjuti agar skill masyarakat bermanfaat dan sejahtera.

“Coba pemerintah daerah pinjam uang dari salah satu bank, mereka di modali tentu akhirnya itu akan menjadi aset,” jelas pria lulusan ITB ini.

Dikatakan, jika masukan tersebut terlaksana dengan baik maka perputaran uang dari dari daerah lain akan menjadi sumber pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Tetapi Ia juga menuturkan tidak menyalahkan siapapun bagi yang belum memanfaatkan peluang tersebut.

“Kita jangan menyalahkan, tetapi mari kita melihat peluang itu, kita jangan lalai akan suasana yang ada, tetapi mari kita ciptakan suasana yang belum ada,”ajaknya.

Buyung mengakui jika hal tersebut merupakan satu masukan bila dirinya nanti tidak jadi pemimpin Tapteng,” Ini hanya saya titipkan saja bagi siapa yang akan jadi pemimpin Tapteng,” ucap Buyung.(ph/ss-tt)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.