Beranda ›› Foto & Video ›› Pangdam 1/BB Bersama Walikota Panen Perdana Di Kota Gunungsitoli

Pangdam 1/BB Bersama Walikota Panen Perdana Di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, suarasumut.com — Pangdam 1/BB Mayjend.TNI.Edi Rahmayadi bersama Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdaK, Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Zuiliwu, MM, Waka Polres Nias Kompol.Faduhusi Zendrato, SH, MH dan Ketua PKK Kota Gunungsitoli Ny.Rima Martinus Lase panen perdana padi sawah di Desa Bawadesolo, Kota Gunungsitoli, Jum’at (5/6).

Sebelum panen perdana, Pangdam 1/BB yang tiba di Pulau Nias melalui Bandara Binaka, terlebih dahulu meninjau lahan percontohan milik Kodim 0213/Nias di Laezoyo, Kota Gunungsitoli dan menyerahkan bantuan bibit dan alat pertanian kepada kelompok tani secara simbolis.

Adapun bantuan yang diserahkan Pangdam 1/BB sebelum pelaksanaan panen perdana, yakni 10 unit Hand Traktor kepada Nias Selatan, bantuan pemberdayaan penangkaran benih padi seluas 50 hektar kepada Gapoktan Talifuso dari Desa Tuhegeo I, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, program nawa cita Presiden RI Desa Mandiri Benih kepada Gapoktan Bakaru, Desa Siwalumbanua, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Gapoktan Kasih, Desa Ononamolo I, Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

Menyerahkan bantuan optimalisasi lahan Padi Sawah seluas 1.500 hektar kepada Kelompok Tani Sederhana, Kelompok Tani Almapem, dan menyerahkan alat pertanian dari Wali Kota Gunungsitoli kepada Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli berupa 1 unit traktor roda empat yang 49 PK, 3 unit traktor roda empat yang 39 PK, dan 1 unit Combine Harvester.

Kemudian Pangdam didampingi Dadim Danrem 023/KS dan Dandim 0213/Nias bersama sama dengan Walikota, Ketua DPRD dan sejumlah kepala SKPD Kota Gunungsitoli melakukan panen perdana yang hasilnya mencapai 8,34 ton perhektar.

Usai panen perdana, Pangdam memberitahu kepada seluruh yang hadir pada acara panen, negara Indonesia adalah negara yang berdaulat. Salah satu kedaulatan negara Indonesia adalah berdaulat dalam pangan.

Dia berharap pemimpin daerah di Kepulauan Nias benar benar membangun daerahnya, dan rakyat tidak dibiarkan menderita, karena dia akan mempertanggungjawabkan apa yang telah diamanatkan kepada tuhan dan bukan kepada siapa siapa.

Tidak lupa, dia juga mengingatkan masyarakat untuk mau menyingsingkan lengan baju dan kaki bekerja keras dan tidak bermalas malasan. Dia juga mengajak masyarakat bersama sama dengan TNI mempertahankan daerah dan tanah yang dicintai.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mengucapkan terima kasih atas kedatangan Pangdam 1/BB dan bersama sama dengan warga Kota Gunungsitoli melakukan panen perdana di Desa Bawadesolo.

Martinus menekankan, kedatangan Pangdam 1/BB dan turut bersama sama denganw arga desa melakukan panen perdana, merupakan suatu hal yang sangat luar biasa menurut dia, karena biasanya panglima jarang yang mau turun ke desa dan melihat langsung warga desa.

Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM selaku ketua panitia, sebelumnya telah melaporkan jika Pemkot Gunungsitoli telah melaksanakan sejumlah kegiatan demi mensukseskan program ketahanan pangan di Kota Gunungsitoli, dengan sumber dana dari APBN, APBD Propinsi dan APBD Kota Gunungsitoli.

Kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut antara lain memberikan bantuan sosial pemberdayaan penangkaran benih dengan luas lahan 50 hektar, melakukan pengembangan desa mandiri dengan luas lahan 10 hektar, melakukan pengembangan jaringan irigasi , dan membebaskan lahan seluas 859 hektar serta akumulasi panjang jaringan sepanjang 3.625 meter.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.