Beranda ›› Foto & Video ›› Operasi Zebra Di Wilayah Polres Nias 16 – 29 November 2016

Operasi Zebra Di Wilayah Polres Nias 16 – 29 November 2016

Gunungsitoli | suarasumut.com — Polisi Resor Nias akan menggelar Operasi Zebra di wilayah hukum Polres Nias mulai tanggal 16 sampai 29 November 2016. Pelanggaran yang menjadi sasaran operasi Zebra 2016 adalah pelanggaran rambu rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan dan melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan motor roda dua.

Hal tersebut diungkapkan Waka Polres Nias Kompol Darwin Effendi pada upacara gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2016 di halaman Mapolres Nias, jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Rabu (16/11).

Saat membaca amanat Kakorlantas Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto , M.Si, Waka Polres Nias memberitahu, pelaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra tahun 2016 dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Perlu diketahui, jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2015 sebanyak 1.895. jumlah tersebut turun 375 kejadian atau sebanyak 17% dibandingkan tahun 2014 sebanyak 2.270 kejadian. Korban meninggal dunia pada Operasi Zebra tahun 2015 berjumlah 365 orang, jumlah tersebut mengalami penurunan 89 orang atau 20% dibandingkan periode yang sebelumya tahun 2014 sebanyak 454 orang,”terang Waka Polres Nias ketika membaca amanat Kakorlantas.

Dia juga mengungkapkan, sesuai amanat undang-undang nomor 22 th 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, tujuannya adalah untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Keempat point tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak.
Untuk mewujudkan program dan kebijakan tersebut, polri sebagai penggerak revolusi mental, guna mewujudkan citra positif, kepolisian negara republik indonesia, khususnya polisi lalu lintas, yang di dukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan,akan melaksanakan Operasi Zebra 2016.

Operasi Zebra dilaksanakan sebagai cipta kondisi operasi lilin tahun 2016 dan tahun baru 2017. pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2016 kali ini ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain pelanggaran rambu rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan dan melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan motor roda dua.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.