Beranda ›› Headline ›› Nilai Pengesahan RAPBD Cacat Hukum, 15 Anggota DPRD Labura Surati Ketua Dewan

Nilai Pengesahan RAPBD Cacat Hukum, 15 Anggota DPRD Labura Surati Ketua Dewan

Aek Kanopan, suarasuut.com – Sebanyak 15 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara melayangkan surat pernyataan keberatan mereka atas hasil sidang paripurna pengesahan RAPBD TA 2015 kepada Ketua DPRD, Drs Ali Tambunan.

Surat keberatan ini mereka layangkan karena mereka menilai sidang paripurna itu telah melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berakibat pada “cacat hukum” nya pengesahan RAPBD tersebut.

Dalam surat yang juga ditembuskan kepada Mendagri, Gubernur Sumut dan Bupati Labura itu, para anggota DPRD yang tergabung dalam fraksi PKB, PDIP dan Persatuan Nasional ini menilai sidang paripurna itu tidak sesuai dengan Tata Tertib sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD.

Dalam PP tersebut sangat jelas diatur, untuk menetapkan peraturan daerah dan APBD, sidang paripurna harus dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 (dua per tiga) dari jumlah anggota DPRD. Dengan demikian, dapat dipastikan jika sidang paripurna ini tidak memenuhi quorum, sebab hanya dihadiri sebanyak 19 orang anggota DPRD.

Selain itu, 15 anggota dewan ini juga sangat menyayangkan sikap ketua DPRD yang pada saat paripurna itu sempat menunda (skors) sidang hingga sebanyak 3 kali. Padahal aturannya, dalam PP No 16 Tahun 2010 pasal 78 ayat 3 sangat jelas disebutkan “apabila quorum tidak terpenuhi, rapat ditunda paling banyak 2 kali dalam tenggang waktu masing-masing tidak lebih dari 1 jam”.

Berikut nama-nama 15 orang anggota DPRD tersebut : H. Yusrial Suprianto, Agustinus Simamora, Mhd Rulis Harahap, Afriyanti Simangunsong, Abdul Satar, Haryono, Taufik Hadayat Tanjung, Syahrul Pasaribu, Tahan Munthe, Sandra Naibaho, Aman Sihombing, Sunaryo, Misno, M Ali Borkat Sinaga dan G Mayanto. (rz/ss/lu)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.