Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Musrenbang 2016, Sergai Tingkatkan Pembangunan Pangan Dan Energi

Musrenbang 2016, Sergai Tingkatkan Pembangunan Pangan Dan Energi

Serdangbedagai | suarasumut.com  –  Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Bupati Ir. H. Soekirman membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten tahun 2016 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (14/03).

Musrenbang yang bertemakan “Meningkatkan pembangunan pangan dan energi dengan mengintegrasikan berbagai sektor pembangunan serta menggali sumber pendapatan asli daerah” turut dihadiri mewakili Plt. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs. Elisa Marbun MAP, Wabup Sergai Darma Wijaya, unsur FKPD, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD Camat se-Sergai, Kepala BNNK Sergai serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa rencana pembangunan daerah Kabupaten Sergai tetap dilaksanakan melalui tiga dimensi pembangunan nasional dengan penekanan kepada sektor pangan dan energi. Selain itu, agar dicermati mengenai berbagai lompatan pembangunan yang akan terjadi di Sergai dalam kurun waktu 5 tahun ke depan ini seperti beroperasionalnya jalan tol, rampungnya dua bendungan besar yakni Bajayu dan Sei Belutu serta perkembangan pembangunan didaerah sekitar yang nantinya akan memberi dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat Sergai. Oleh karenanya, hal-hal yang menyangkut sarana dan prasarana yang berkaitan agar dimasukkan dalam perencanaan pembangunan.

Menyikapi berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi kedepan, H. Soekirman berharap agar masyarakat Sergai juga siap atas kualitas SDMnya dan terus ditingkatkan sebagaimana capaian indeks pembangunan manusia yang mengalami peningkatan dari 67,11 di tahun 2013 menjadi 67,78 ditahun 2014. Angka ini diharapkan akan terus meningkat dengan upaya-upaya yang strategis dan terencana yang dirumuskan melalui musrenbangda ini, ungkap Bupati Sergai.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Kepala Bappeda Sergai Ir. H. Taufik Batubara, M.Si dalam laporan menyampaikan tujuan dari Musrenbang RKPD 2016 ini untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Sergai. Sebelum dilaksanakannya musrenbangda ini, telah didahului dengan forum SKPD diawal Maret 2016 yang membahas bidang sarana prasarana, pembangunan ekonomi dan pembangunan sosial budaya. Kemudian dilanjutkan dengan pramusrenbang RKPD Sergai dengan mengundang 11 SKPD Provinsi Provsu.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Plt. Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi MSi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs. Elisa Marbun MAP mengingatkan bahwa pada tahun 2016 ini pemerintah menginstruksikan agar pemda dapat merubah pola pikir dalam pengalokasian anggaran menjadi paradigma money follow program priority atau pemberian alokasi anggaran kepada program-program yang sudah terbukti manfaatnya. Selain itu, dalam penyusunan RKPD agar tetap berakselerasi dengan program Provinsi Sumut dengan mengerakkan sektor unggulan dan memberdayakan masyarakat menuju tataran peningkatan kesejahteraan dan keberlangsungan pembangunan, pungkas Erry Nuradi.(as/ss-sb)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.