Beranda ›› Foto & Video ›› Mendukung Pembangunan Daerah, Walikota Tebingtinggi Teken MoU Dengan BPPT

Mendukung Pembangunan Daerah, Walikota Tebingtinggi Teken MoU Dengan BPPT

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Gedung 2 BPPT Jalan Thamrin No 8 Jakarta Pusat. Demikian siaran pers Kepala Bappeda Tebingtinggi Gul Bakhri Siregar kepada wartawan, Senin (25/7/2016).

Penandatanganan MoU BPPT dilakukan antara Kepala BPPT diwakili Sekretaris Utama BPPT Dr Ir Soni Solistia Wirawan M Eng dengan Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM tentang Pengkajian, Penerapan, dan Pemasyarakatan Teknologi Untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kota Tebingtinggi.

Acara penandatanganan MoU tersebut dilakukan bersamaan dengan acara pembukaan Kongres Teknologi Nasional (KTN) Tahun 2016 yang hadiri Presiden ke-3 RI Bapak Prof Dr H BJ Habibie, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, dan pejabat pusat terkait lainnya.

Sebagai langkah awal setelah dilakukannya MoU tersebut akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Bappeda Kota Tebingtinggi dengan Kepala Unit Pelayanan Teknologi BPPT terkait Pengembangan Sistem Aplikasi e-Planning. Selain itu juga akan dilakukan kerjasama dalam pengelolaan persampahan pada lokasi TPA di Kota Tebingtinggi.

Umar Zunaidi yang didampingi Kepala Bappeda Gul Bakhri Siregar, menyampaikan bahwa implementasi sistem aplikasi e-planning adalah suatu tuntutan kebutuhan dalam sistem perencanaan di era pemerintahan sekarang. “Kebutuhan daerah untuk percepatan pembangunan sudah harus sejak awal direncanakan, bukan kapan teringat lalu dimasukkan menjadi suatu kegiatan,”sebut Umar Zunaidi.

Perencanaan berbasis informasi teknologi (IT) ini dimaksudkan untuk sinkronisasi dokumen perencanaan mulai dari hasil Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, tingkat Kota, penyusunan RPJMD, Renstra SKPD, RKPD, Renja, KUA/PPAS, sampai dengan terbitnya DPA. Sistem aplikasi e-Planning dapat disinkronkan dengan program Simda yang sudah ada sebelumnya.

Ditambahkan Gul Bakhri, melalui aplikasi e-planning dapat mengefisienkan kinerja karena outputnya sampai kepada laporan realisasi keuangan, target capaian kinerja SKPD terhadap Renja. Begitu pula dengan capaian visi misi Walikota yang dilihat dari realisasi pelaksanaan program dari RPJMD sebagai dokumen perencanaan lima tahunan.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.