Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Masyarakat Mulai Resah, Pengerukan DAS Mulai Merajalela Di Tapteng

Masyarakat Mulai Resah, Pengerukan DAS Mulai Merajalela Di Tapteng

Tapteng | suarasumut.com  –  Pengerukan material disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) di Dusun Sidikkil Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Semenjak adanya PT Nusa Konstruksi Engineering (NKE). Tampaknya galian tersebut mulai merajalela dilakukan oleh pihak pengelola jasa kontraktor.

Sejumlah masyarakat yang ada di jalur hilir sungai itu mengaku merasa khawatir tentang efek akibat pembiaran dari pengerukan DAS tersebut.

“Kalau pengerukan itu terjadi pembiaran, besar kemungkinan akan berpotensi banjir terhadap warga yang bermukim di hilir sungai,”ungkap P Hutagalung salah seorang pemuda warga Kecamatan Tapian Nauli.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihak instansi terkait baik pemerintah daerah tidak merespon lagi tentang adanya pengerukan DAS di Kecamatan Tapian Nauli.

“Sama sekali belum ada teguran tentang hal itu. Kita tidak tahu pada siapa mengadu. Pada hal, Sungai Sidikkil merupakan zona terlarang untuk pengerukan pengambilan material,”jelasnya.

Tidak hanya itu lanjut Hutagalung dampak dari pengerukan itu juga dapat dirasakan petani di sekitar sisi sungai yang akhirnya sering mengalami luapan air bila di musim hujan.

“Masyarakat petani belum pernah mengalami banjir, tetapi semenjak ada pengerukan sungai itu terkadang mengenai persawahan bila di musim hujan turun,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Tapteng Awaluddin Rao ST menambahkan, galian seperti itu terjadi bukan hanya di Kecamatan Tapian Nauli saja melainkan di Kecamatan Pinang Sori mengalami hal yang serupa.

Menanggapi hal tersebut kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben Tapteng) Edi Sopian Damanik menjelaskan, bahwa terkait pengerukan tersebut tidak lagi dicampur tangani pemerintah daerah Kabupaten Tapteng. “Galian C sudah ditangani propinsi pak,” tulis Edi melalui pesan singkatnya.(ph/ss-tt)

Lihat Juga

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Nias Benahi Manajemen Kepegawaian

Nias | suarasumut.com  –  Meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kondisi birokrasi yang ideal, Pemerintah Kabupaten Nias …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.