Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Masa Panceklik, Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Bagan Tancap Minim

Masa Panceklik, Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Bagan Tancap Minim

Tapteng | suarasumut.com –  Masyarakat nelayan tradisional Bagan Tancap di Kecamatan Pandan dan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah serta sekitarnya terkusus di Pantai Barat Sumatera Utara, saat ini sedang mengalami masa panceklik.

Mengingat semangat para nelayan dalam melaut cuaca buruk dan gelombang bukanlah hal hambatan sebagian nelayan dalam melaut, namun sekarang ini nelayan dihadapkan dengan hasil tangkapan yang sangat minim. Bahkan hasil tangkapan para nelayan tradisional tidak mampu menutupi modal yang dikeluarkan untuk sekali turun melaut.

Menurut salah seorang nelayan tradisional Bagan Tancap di Kelurahan Hajoran Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Mamak (paman) Pasaribu, (22/08/19) mengeluhkan, ketika  suarasumut.com berkunjung. “Sekarang ini kehidupan nelayan tradisional lagi sulit-sulitnya, ini sudah kami alami dari bulan Mei yang lalu hingga sampai sekarang belum ada perubahan,”terangnya.

“Sudah empat bulan masa susah ini, jika kami tetap paksakan untuk melaut maka hasil tangakapan ikan yang kami dapatkan tidak sesuai dengan modal yang telah kami keluarkan. Untuk biaya yang dikeluarkan sekali berangkat kelaut kami menghabiskan uang bisa mencapai Rp. 200 Ribu, sedangkan hasil yang kami dapat tidak sebanding dengan pengeluaran, istilah bahasa disini ‘kami terutang,”tambahnya.

Ia menduga, minimnya hasil tangkapan ikan saat ini karena derasnya arus bawah laut serta gelombang yang tidak menentu. Biasanya bulan ini seharusnya menjadi musim hasil tangkapan melimpah, justru belum terjadi. “Kami hanya dapat berdoa dan bersabar,”jelasnya mengakhiri.(sb/ss-tt)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.