Beranda ›› Headline ›› LOMBA KREATIFITAS DAN PELEPASAN SISWA TK SE- SERGAI MERIAHKAN HAN 2014

LOMBA KREATIFITAS DAN PELEPASAN SISWA TK SE- SERGAI MERIAHKAN HAN 2014

Sergai, suarasumut.com – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2014, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui DPC GOPTKI menggelar Lomba Kreatifitas Siswa dan pelepasan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) se-Sergai yang dibuka Bupati Ir. H. Soekirman ditandai dengan pelepasan balon bertempat di Pentas Ceria Theme Park Pantai Cermin, Selasa (06/05).

Bupati H. Soekirman yang mendaulat dua orang guru TK senior Ny. Nanggul Lubis dan Ny. Nani di Sergai yang telah mengabdi selama lebih  dari 40 tahun untuk mendampinginya menyampaikan bahwa anak-anak merupakan aset masa depan bangsa, karena kemajuan bangsa ada di pundak generasi muda. Untuk itu kepada para orang tua dan guru, Bupati Sergai berpesan harus berupaya mendidik dan membimbing anak-anak untuk tumbuh menjadi anak yang sholeh, berakhlak mulia, cerdas ceria, sehingga semakin terasah dalam hal pengembangan karakter individu serta mengaktualisasikan potensi maksimal.

Oleh karena itu orang tua dan guru sangat mempunyai peranan penting dalam memberikan kasih sayang dan mengutamakan tanggung jawab. Khususnya bagi anak di usia emas, memberikan penjelasan-penjelasan tentang mana yang benar dan tepat, ujar Soekirman.

Selanjutnya Bupati H. Soekirman menjelaskan bahwa Pendidikan juga tidak terlepas dari lingkungan sosial yang saat ini semakin memprihatinkan karena banyaknya terjadi baik pelecehan maupun kekerasan seksual pada anak yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di masyarakat yang mengakibatkan dampak negatif terhadap perkembangan psikis anak. Untuk mengantisipasi hal itu, diharapkan para guru dan orang tua harus lebih jeli dalam melihat perkembangan dan pertumbuhan anaknya, dengan perhatian dan komunikasi yang
aktif akan menjadikan anak lebih cerdas, terdidik, jujur, santun dan memiliki mental yang tangguh dalam rangka meraih prestasi, tegas Bupati.

Sementara itu Ketua DPC GOPTKI Ny. Sri S Syahrianto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan apresiasi terhadap kompetensi dan kreatifitas anak TK se-Sergai untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, dan kecenderungan berfikir anak.

Kegiatan ini menekankan pada perbedaan karakteristik dan minat anak didik. Karakter anak-anak berbeda satu dengan yang lain, oleh karenanya para pendidik harus bisa memilah dan memilih potensi mana yang akan dikembangkan. Dan kepada para orang tua diingatkan bahwa setelah jenjang pendidikan TK, anak-anak akan memasuki pendidikan dasar ( SD ) atau Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) dan seterusnya agar anak mendapatkan prioritas yang sama dalam pemerolehan pendidikan. Pengawasan orang tua terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak anak tentunya menjadi sangat penting.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ny. Hj. Imas Haris Fadillah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreatifitas peserta didik TK, memajukan kualitas pendidikan anak usia dini, membangun hubungan harmonis antara guru TK dengan pengurus GOPTKI Kabupaten dan Kecamatan. Kegiatan ini diisi dengan lomba mewarnai, lomba menyusun puzzle, lomba membaca puisi, lomba menyanyi ( PA/PI ), papar Ny. Imas.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Ketua TP.PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala SKPD dan Camat, anggota GOPTKI Kabuparen Sergai, para Kepala Sekolah, guru dan Anak didik TK se-Sergai.

Acara dirangkaikan dengan pemberian simbolis Akte Kelahiran secara gratis kepada 10 anak mewakili dari 155 anak penerima Akte Kelahiran Gratis yang merupakan program dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Pemberian Sertifikat Kelulusan TK untuk 4.264 anak dari 132 TK se- Sergai yang diwakili oleh 17 anak dari masing-masing Kecamatan.(ril/pu/ss/sbg)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.