Beranda ›› Foto & Video ›› Listrik Sering Padam, DPD RI Datangi PT.PLN Area Nias

Listrik Sering Padam, DPD RI Datangi PT.PLN Area Nias

Gunungsitoli, suarasumut.com — Akibat pemadaman listrik yang terus terjadi di Pulau Nias, Ketua Komite II, DPD RI Parlindungan Purba datangi kantor PLN Area Nias, di Jalan Gomo, Kelurahan pasar, Kota Gunungsitoli, Kamis (16/7).

Kedatangan Parlindungan Purba ke PT.PLN Area Nias, juga untuk mempertanyakan realisasi pembangunan jaringan listrik di Desa Hilifalago, Kabupaten Nias Selatan.

Ketua Komite II, DPD RI Parlindungan Purba pada kunjungannya di kantor PT.PLN Area Nias, disambut langsung Manager Cabang PT.PLN Area Nias Didit Wicaksono dan sejumlah Asisten Manager.

Pada pertemuan singkat di aula kantor PT.PLN Area Nias, Manager Cabang PT.PLN Area Nias menjelaskan secara singkat masalah yang dihadapai PT.PLN Area Nias, sehingga kerap terjadi pemadaman listrik.

Sedangkan mengenai pembangunan jaringan di Desa Hilifalago, Kabupaten Nias Selatan, Manager Cabang PT.PLN Area Nias menjelaskan, tender pembangunan jaringan di daerah tersebut dua kali dibatalkan, karena tidak ada rekanan yang berminat.

Namun, setelah proses tender beberapa kali, pemenang tender akhirnya telah ditetapkan, dan pada bulan Agustus 2015, pembangunan jaringan di Desa Hilifalago akan dimulai, dan diperkirakan selesai dalam tiga bulan.

Usai pertemuan singkat di kantor PT.PLN Area Nias, Parlindungan Purba bersama Manager Cabang PT.PLN Area Nias meninjau lokasi PLTD yang ada di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

Pada kunjungannya di PLTD Idanoi, kepada wartawan, Parlindungan Purba mengakui jika selama ini PLN sudah berusaha untuk berbuat lebih baik dalam menerangi Pulau Nias. Hasil pertemuan singkat dengan Manager Cabang PT.PLN Area Nias akan disampaikan kepada pemerintah Pusat dan kepada PLN, supaya pemerintah pusat dan PLN bisa lebih memberi perhatian kepada Nias.

“Saya akan meminta supaya Pulau Nias diinvestasikan oleh PLN atau siapapun, sehingga rasio elektrifikasi yang hanya 45 persen di Pulau Nias, bisa naik dan mencapai 80–90 persen. Kita tahu, Pulau Nias terdiri antara 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya, dan perkembangannya cukup ketat sekali,” tutur Parlindungan Purba.Tidak lupa, dia menambahkan, kunjungannya ke Nias juga untuk melihat perkembangngan listrik di Desa di Hilifalago, Kabupaten Nias Selatan. Setelah melakukan pengecekan, terjadi dua kali gagal tender akibat pengembang tidak siap.

Dia berharap, hal tersbeut tidak terulang lagi di Desa Hilifalago dan jaringan di Desa Hilifalago bisa selesai dibangun tahun ini, sehingga masyarakat Desa Hilifalago bisa menikmati penerangan pada bulan Desember atau hari Natal.

Kepada PLN, dia berharap untuk lebih serius memikirkan pembangunan listrik di Pulau Nias, karena selama ini listrik di Nias masih menggunakan tenaga diesel, sehingga subsidinya sangat besar.

“Saya akui, PLN sudah berusaha semaksimal mungkin, namun, pemerintah pusat harus memberi perhatian lebih untuk Pulau Nias. Perhatiannya adalah dengan mengganti kabel jaringan dan melakukan pengembangan,” harap Parlindungan Purba.

PT.PLN Area Nias Defisit Daya

Sebelumnya, manager Cabang PT.Area Nias Didit Wicaksono pada pertemuan singkat dengan Parlindungan Purba, telah menjelaskan jika PT.PLN Area Nias saat ini mengalami defisit daya.

Daya yang dimiliki PT.PLN Area Nias sebesar 25.935 KW (25,9 MW), sedangkan beban puncak mencapai 27.205 KW (27,2 MW). Untuk mengatasi hal tersebut, PT.PLN Area Nias akan menambah PLTD sewa di lokasi PLTD Moawo dengan daya 10.000 KW (10 MW) dan PLTD Sewa di Kabupaten Nias Barat dengan daya 2000 KW (2 MW) tahun ini.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.