Beranda ›› Headline ›› LIPD Digelar Pemkab Nias Tingkatkan Kinerja ASN

LIPD Digelar Pemkab Nias Tingkatkan Kinerja ASN

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias menggelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) tahun 2019 untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) yang ada di Kabupaten Nias.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs.F.Yanus Larosa, M.Ap di ruang kerjanya, Jum,at (31/5) mengatakan inovasi merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017.

Melalui inovasi dilakukan upaya upaya kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, seperti inovasi pelayanan Publik dan tata kelola pemerintahan.

Inovasi diharapkan dapat terus terjadi untuk upaya perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah demi terwujudnya visi dan misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias tahun 2016-2021.

Visi misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias tersebut adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Nias yang maju, mandiri dan sejahtera.

Maka untuk mencapainya, Pemkab Nias menyelenggarakan Lomba Lipd yang bertujuan mengutamakan mainstreaming inovasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Mewujudkan satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang minimal melakukan satu inovasi melalui sinegitas antara rencana dan orientasi (Somasi Saro).

“Pada penyelenggaraan LIPD, Pemerintah Kabupaten Nias membuka ruang bagi OPD untuk menciptakan berbagai bentuk inovasi,” ucapnya.

Inovasi tersebut seperti inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi lainnya yang merupakan inovasi penyelenggaraan.

Tetapi dengan memegang prinsip prinsip peningkatan evisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak menimbulkan Konflik kepentingan.

Kemudian beriontasi pada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka dengan memenuhi nilai kepatuhan dan akuntabel.

Dari Sekda diketahui, pelaksanaan LIPD dimulai pada minggu ke-III bulan Juni 2019 dengan agenda Technikal Meeting, dilanjutkan minggu III bulan Juli 2019 dengan agenda pendaftaran jenis inovasi.

Kemudian minggu ke-III dan IV bulan Juli 2019 dengan agenda penyampaian proposal inovasi, minggu ke I sampai minggu ke III bulan Agustus 2019 dilakukan tahapan presentasi proposal inovasi.

Lalu pada minggu ke III dan minggu IV bulan Agustus 2019 dilakukan tahapan uji coba dan implementasi dan penilaian akhir akan dilakukan pada minggu ke IV bulan November 2019.

Pengumuman pemenang akan diumumkan pada peringatan hari jadi ke-149 Kabupaten Nias pada tanggal 4 Desember 2019.(as/ss-ni)

Lihat Juga

Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Nias Diikuti 20 Finalis

Nias | suarasumut.com –  Grand final putri pariwisata Kabupaten Nias diikuti sebanyak 20 finalis Putri …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.