Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Lapas Gunungsitoli Dibangun, 174 Napi Dipindahkan Ke Luar Nias

Lapas Gunungsitoli Dibangun, 174 Napi Dipindahkan Ke Luar Nias

Gunungsitoli, suarasumut.com — Guna kepentingan pembangunan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Gunungsitoli, sebanyak 174 orang narapidana yang sedang mendapat binaan dipindahkan ke Lapas Sibolga.

Pengiriman napi ke luar Pulau Nias dilakukan melalui jalur laut atau melalui pelabuhan Laut Gunungsitoli, jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, dibawah pengawalan personil Polres Nias dan Kodim 0213/Nias.

Kepala Lapas Gunungsitoli Atma Wijaya yang ditemui wartawan di Lapas Gunungsitoli, Desa Boyo, Kota Gunungsitoli, Rabu (12/8), membenarkan pengiriman napi yang dibina di Lapas Gunungsitoli ke Lapas Sibolga.
Menurut dia, pengiriman dilakukan dua tahap, dimana tahap pertama dikirim sebanyak 80 napi, Rabu (12/8), dan tahap kedua dikirim sebanyak 94 napi, Kamis (13/8), sehingga jumlah seluruhnya napi yang dipindahkan ke Lapas Sibolga ada sebanyak 174 napi.

Namun, dia memberitahu, tidak semua napi yang mendapat binaan di Lapas Gunungsitoli dipindahkan ke Lapas Sibolga. Napi yang masih tinggal adalah napi yang mendapat remisi, selain itu ada juga tahanan yang menajdi titipan pengadilan Negeri Gunungsitoli dan Polres Nias.

Tujuan pengiriman napi dari Lapas Gunungsitoli ke Lapas Sibolga menurut dia adalah dalam rangka persiapan pembangunan Lapas Gunungsitoli, sehingga demi keamanan, sebagian napi terpaksa dipindahkan ke Lapas Sibolga.

Kabag Ops Polres Nias Kompol H. Delami Shaleh, SH,MM yang ditemui wartawan di tempat yang sama menerangkan, Personil Polres Nias yang ikut dalam pengamanan untuk tahap pertama sebanyak 20 Personil. Jumlah yang sama juga dilakukan pada pengiriman tahap kedua.

Pengawalan dilakukan mulai dari Lapas Gunungsitoli, diatas kapal hingga di Pelabuhan Sibolga. Sedangkan pengamanan mulai dari Pelabuhan Sibolga hinggake Lapas Sibolga merupakan tanggungjawab personil Polres Tapanuli Tengah.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Era Quad-Camera 64MP Telah Datang, Realme Adakan Camera Innovation Event Di Indonesia

Jakarta | suarasumut.com –  Realme, merek smartphone paling berkembang di Indonesia mengadakan Realme Camera Innovation …

2 Komentar

  1. Memofenrable Hulu

    Baguslah

  2. mantap…. selamat menikmati dunia gelap anda di LAPAS SIBOLGA

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.