Beranda ›› Headline ›› Lagi-lagi Hakim Anggota Pimpin Sidang Di PN Rantauprapat

Lagi-lagi Hakim Anggota Pimpin Sidang Di PN Rantauprapat

Rantauprapat, suarasumut.com – Fungsi Pengawasan yang melekat pada jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat terkesan tak berjalan. Pasalnya, para Hakim yang ditunjuk untuk membantu menjalankan fungsi pengawasannya terkesan melakukan pembiaran terhadap proses persidangan yang bertentangan dengan KUHAPidana.

Pantauan suarasumut.com, Jumat (12/6) Majelis Hakim dengan komposisi Jhonson FE Sirait SH, Jahzuri SH MH, dan Rinaldi SH menggelar pemeriksaan perkara di ruang sidang Tirta PN Rantauprapat. Dalam komposisi Majelis tersebut, Jhonson FE Sirait bertindak sebagai Hakim Ketua didampingi Jahzuri disamping kanan dan Rinaldi disamping kiri.

Sesuai jadwal persidangan yang diumumkan pada monitor informasi PN Rantauprapat, perkara nomor 16/Pdt.G/2015/PN Rantauprapat disidangkan di ruang Garuda dengan komposisi Majelis Hakim Jahzuri SH MH, Jhonson FE Sirait SH, dan Mince S Ginting SH. Pada jadwal di monitor informasi itu, Jahzuri selaku Hakim Ketua bukan Jhonson FE Sirait.

Berdasarkan fakta informasi yang tersaji pada monitor informasi tersebut menunjukan Hakim Anggota Jhonson FE Sirait SH bertindak sebagai Hakim Ketua tidak berpedoman dengan Pasal 153 ayat (2) dan Pasal 217 ayat (1) KUHAP. Dimana, KUHAPidana itu mengatur secara tegas Hakim Ketua yang berwenang memimpin persidangan.

Humas, R Aji Suryo SH MH yang juga Wakil Ketua sekaligus Koordinator Pengawas di lingkungan PN Rantauprapat dikonfirmasi dikantornya malah menunjukan sikap mempersalahkan informasi pada monitor itu. Anehnya, sikap mempersalahkan informasi pada monitor tanpa didukung tindakan cek and ricek kebenara. “Kemungkinan infomasi disitu (monitor,red) yang salah. Langsung saja tanya hakimnya. Gak mungkinkan setiap saat kita pantau para hakim,” jawab R Aji Suryo enteng yang mengesankan dirinya bukan coordinator Pengawas di lingkungan PN Rantauprapat itu.

Secara terpisah, Jhonson FE Sirait yang ditemui di ruang kerjanya menunjukan kesan yang kurang bersahabat dengan melontarkan pertanyaan tujuan pertanyaan yang dikonfirmasikan kepadanya. “Untuk apa itu? Pemberitaan! Saya Hakim Ketuanya,” kata Jhonson ketus sesaat awak media ini menjelaskan maksud dan tujuan mempertanyakan siapa Hakim Ketua atas perkara yang disidangkannya.

Sidang Terbuka Untuk Umum Digelar Secara Tertutup

Sesuai pantauan di PN Rantauprapat, sekitar pukul 11.30 WIB, ruang sidang Tirta digelar sidang dengan komposisi Majelis Hakim, Jhonson FE Sirait SH, Jahzuri SH MH, dan Rinaldi SH. Dalam ruangan sidang itu terlihat seorang laki-laki berada tepat didepan Majelis Hakim, dan seorang lagi berada di Meja (posisi,red) Jaksa Penuntut Umum.

Saat itu, mika yang bertuliskan “Sidang Terbuka Untuk Umum pada 2 pintu masuk ruang sidang Tirta terlihat tertutup dan jelas menunjukan sidang tersebut bukanlah sidang tertutup. Namun faktanya, saat sidang itu dipantau dari jendela kaca ruang sidang Tirta itu, Hakim Jhonson FE Sirait menyatakan sidang yang dipimpinnya tertutup. “Ini sidang tertutup,” kata Jhonson FE Sirait dari dalam ruang sidang.

Humas PN Rantauprapat, R Aji Suryo SH MH menyebutkan, jika mika bertuliskan “Sidang Terbuka Untuk Umum”, yang ditunjukan siapapun diperkenan masuk sekalipun pintu ruang sidang tertutup. Namun dijelaskan bahwa Hakim Jhonson FE Sirait menyatakan sidang tertutup, R Aji Suryo mengkalim hal tersebut merupakan kealpaan petugas. “Kalau terbuka untuk umum, masuk saja. Oh…. Kalau perdata, mungkin perceraian, itu memang tertutup. Berarti lupa membalikannya (papan tanda sidang tertutup,red),” kata R Aji Suryo.

Anehnya, Hakim Rinaldi yang dikonfirmasi enggan memberikan penjelasan. Menurutnya, ia hanya sebagai Hakim yang mewakili (Mince S Ginting,red) sehingga tidak mengetahui pekara apa yang disidangkan. “Gak tau saya. Saya hanya mewakili,”kata Rinaldi singkat sembari berlalu yang menunjukan dirinya tidak memahami perkara apa yang disidangkan oleh Majelis Hakim yang dipimpin Jhonson FE Sirait. (ls/ss/lb)

 

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.