Beranda ›› Foto & Video ›› Labura Tuan Rumah Apel Akbar Pramuka

Labura Tuan Rumah Apel Akbar Pramuka

Labura, suarasumut.com  –  Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menjadi tuan rumah apel akbar Pramuka dalam rangka hari pramuka ke 54 se-Sumatera Utara pada Sabtu (10/10). Apel akbar ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Kecamatan Na IX X. Plt. Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Pramuka Sumatera Utara menjadi pembina apel akbar pramuka se Sumatera Utara.

Apel akbar ini juga dihadiri beberapa Bupati/walikota, sebelum pelaksanaan apel dimulai para tamu dan undangan melaksanakan ramah tamah sekaligus sarapan bersama di rumah pribadi Bupati Labura. Setelah melaksanakan sarapan plt. Gubernur dan Bupati Labura H. Kharuddin Syah, SE beserta Bupati/walikota yang hadir berangkat menuju lapangan dengan berjalan kaki, karena jarak dari rumah H. Kharuddin Syah, SE ke lapangan tidak begitu jauh.

Dalam pidatonya Tengku Erry mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah berkomitmen untuk meningkatkan perkembangan Pramuka. Gerakan pramuka merupakan jalur pendidikan non formal sebagaimana diatur dalam Kepurusan Presiden nomor 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka. “Gerakan pramuka pramuka merupakan satu-satunya badan yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di seluruh Indonesia,” terangnya.

Dia mengungkapkan tugas kepramukaan yakni membina dan mendidik kaum muda Indonesia agar menjadi manusia berkepribadian dan berwatak budi pekerti luhur, beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Selain itu bermental kuat, memiliki moral dan emosional yang baik, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang berkualitas, serta berjiwa pada pancasila.

“Menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna. Dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri dan bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara. Memiliki kepedulian kepada sesama dan alam lingkungannya,” tegasnya.

Pendidikan pramuka meliputi empat soko guru pendidikan yakni belajar mengetahui, belajar berbuat, belajar hidup bersama dan belajar menjadi orang berguna. “Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif. Sehingga terhindar dari narkoba, pergaulan bebas dan tindakan krimilitas lainnya,” kata Erry Nuradi.

Dalam acara tersebut selaku tuan rumah Bupati Labura H. Kharuddin Syah, SE yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Labura menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu dan undangan dalam sambutannya Bupati yang akrab disapa Haji Buyung mengucapkam terima kasih kepada pengurus Pramuka Propinsi Sumatera Utara yang telah mempercayakan Kabupaten Labura menjadi tuan rumah apel akbar pramuka dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 54.

“Suatu kehormatan bagi kami menjadi tuan rumah pada acara ditingkat propinsi, saya mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Labura mengucapkan selamat datang di Kabupaten Labura yang bermottokan basimpul kuat dan babontuk elok, kami berharap dapat menjadi tuan rumah yang baik, dan para tamu yang hadir merasa nyaman berada di Kabupaten Labura, Pemkab Labura juga mendukung dan berkomitmen membesarkan Gerakan Pramuka khususnya gerakan Pramuka yang ada di kabupaten Labura” ucap Haji Buyung.

Dalam kesempatan tersebut Haji Buyung juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama berlangsungnya acara terdapat beberapa kekurangan.

Pada pelaksanaan apel akbar gerakan pramuka ini beberapa pengurus Pramuka menerima lencana pramuka pancawarsa yang disematkan langsung oleh Gubernur. Diantaranya Bupati Deli Serdang yang menerima lencana melati dan Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Labura Drs. H. Edi Sampurna Rambey, M.Si menerima Lencana Pancawarsa V.(rl/ss/lu)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.