Beranda ›› Headline ›› KPUD Labusel “Coret” Dukungan PDIP Untuk Paslon Umar

KPUD Labusel “Coret” Dukungan PDIP Untuk Paslon Umar

Kotapinang, suarasumut.com – Dinamika dan konstelasi politik jelang Pilkada semakin dinamis di kabupaten Labuhanbatu Selatan. Dalam sehari, dukungan partai politik (parpol) pengusung pasangan bakal calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Labusel dapat berubah.

Misalnya saja, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya mendukung Paslon Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Wildan Aswan Tanjung dan Kholil Jufri Harahap akhirnya dapat berubah dalam tempo sehari. Buktinya, Wildan – Kholil yang sampai mesti berboncengan mengenderai sepedamotor saat mendaftarkan diri ke KPUD setempat, dihari kedua pendaftaran Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang, Senin (27/7) sekitar Pukul 10.00WIB didukung sembilan partai politik.

“Perahu” besar itu dinakhodai Parpol PAN sebanyak 11 Kursi. Parpol Demokrat sebanyak 2 Kursi, Parpol PBB sebanyak 2 Kursi, Parpol PKS sebanyak 2 Kursi, Parpol Nasdem sebanyak 1 Kursi, Parpol Hanura sebanyak 1 Kursi, Parpol PPP sebanyak 1 Kursi. Diantaranya juga terdapat PDI Perjuangan sebanyak 4 Kursi dan Parpol Golkar Kubu AL sebanyak 5 Kursi.

Tapi, tatkala Paslon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) periode 2015 – 2020, Usman Nasution dan Arwi Winata yang dihantarkan ratusan massa pendukung mengiringi ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labusel, Selasa (28/7) dugaan dukungan ganda dari parpol PDIP dan Partai Golkar terjadi. Sebab, pasangan UmAr selain diusung Partai Gerindra dengan ketersediaan 6 kursi di DPRD, juga terdapat dukungan PDI P 4 Kursi dan Golkar 5 kursi dengan total 15 kursi.

Alhasil, KPUD Labusel melakukan tindakan tegas dengan mencoret dukungan PDIP untuk paslon UmAr. Karena, dinilai tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. “Jadi dukungan Wildan yang sah,”ungkap Ketua KPUD Labusel Imran Husain Siregar.

Karena menurut dia, itu merupakan dukungan yang pertama. Sedangkan dukungan yang dibenarkan hanya satu. “Dukungan PDIP untuk UmAr batal. Karena tidak sesuai pasal 6 ayat 6 PKPU No 9 tahun 2015,” jelasnya.

Sedangkan dukungan Partai Golkar, menurut dia kemungkinan menjadi milik UmAr. Tapi, pihak KPUD masih akan melakukan pemeriksaan keabsahan berkas dukungan tersebut dengan mengklarifikasi kepengurusannya. Parpol Golkar memiliki dua kubu dan harus memiliki satu calon, kalau ada dua calon batal.

Dukungan partai Golkar untuk Wildan Kholil hanya satu kubu versi AL. Sementara, dukungan untuk UmAr mendapat dukungan dua kubu. Sehingga, menurut dia, KPU hanya membenarkan dukungan PArtai Golkar untuk UmAr. “Namun Golkar masih dalam catatan. Perlu dilakukan klarifikasi menyangkut SK Pengurusnya,” tambah dia.

PLH Ketua DPC PDI P Labusel yang juga Koordinator pemenangan Pilkada PDIP untuk Labuhanbatu Raya, M Affan kepada wartawan mengatakan bahwa, dirinya bersama sekretaris diperintahkan partai untuk mengawal proses pendaftaran pasangan Usman dan Arwi (UmAr).

“Adapun mengapa terjadi perubahan-perubahan yang dilakukan DPP pada Kabupaten Labusel tentunya DPP Partai lebih faham. Kami juga mengakui bahwa DPP PDI Perjuangan sudah mengeluarkan surat untuk saudara Wildan untuk didaftarkan dan kemarin sudah didaftarkan Dewan Pimpinan Cabang saudara H Zainal dan itu sudah didaftarkan memang sesuai ketentuan yang mereka terima. Kami mungkin ada keterlambatan sedikit saja bahwa ada pencabutan dan pengusulan baru yang dilakukan oleh PDI Perjuangan,”jelasnya terkait perubahan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan.

Ratusan massa pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) periode 2015-2020, Usman Nasution dan Arwi Winata mengiringi ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labusel, Selasa, (28/7) sekitar pukul 15.00WIB.

Kedatangan pasangan Usman dan Arwi yang akrab disapa UmAr tersebut guna mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Labusel melalui jalur politik pada Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada
bulan Desember 2015 mendatang. Pasangan UmAr ini juga didukung Ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Masyarakat Pancasila Indonesia. (zr/ss/ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.